Volume Mobil Meningkat, Pemudik Antre 2 KM di Gerbang Tol Palimanan

Kepadatan terjadi sejak menjelang sore hari.

Bandung, IDN Times – Sesuai prediksi kepolisian, jalur utara menjadi jalan favorit pemudik 2019. Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) sejauh ini memang merupakan jalur efektif pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Akibatnya, saat berita ini diturunkan, terjadi kemacetan sepanjang 2 km di pintu keluar Cipali, yakni Gerbang Tol Palimanan.

Hal tersebut dibenarkan Suyitno, General Manager Operational PT Lintas Marga Sedaya, pengelola Tol Cipali. “(Kendaraan macet 2 km) ini masih bergerak,” kata Suyitno, ketika dihubungi IDN Times, Kamis (30/5).

Kepadatan itu, kata dia, terjadi di Gerbang Tol Palimanan sejak dua jam lalu. Penyebabnya tak lain karena waktu yang diperlukan tiap pemudik membayar biaya tol di Gerbang Tol Palimanan.

Untuk itu, PT Lintas Marga Sedaya mencari cara agar durasi transaksi pembayaran tol dapat dilakukan dengan singkat. Caranya, mereka berencana menurunkan sekitar sepuluh personel untuk menjemput pembayaran ke pemudik yang mengantre keluar gerbang tol.

PT Lintas Marga Sedaya memprediksi pemudik via Tol Cipali hari ini, Kamis (30/5) atau enam hari sebelum lebaran, mencapai total 80 ribu kendaraan. Tapi, menurut perhitungan kasar Suyitno, jumlah tersebut sudah terlampaui. “Kami terus hitung hingga besok pukul 06.00 pagi,” kata dia.

Sebelumnya, sekitar pukul 08.00 WIB hari ini, aparat mulai memberlakukan sistem satu jalur alias one way mulai dari KM 70 sampai KM 263 Tol Cipali. Dengan skema itu, kendaraan dari arah Jawa Tengah yang hendak menuju Jakarta, akan dialihkan di Gerbang Tol Plumbon. Skema one way akan dihentikan sekitar pukul 19.00 WIB.

“Pada saat one way dimohon kendaraan tetap pada jalurnya, tidak melakukan crossing median karena membahayakan pengendara lainnya. Serta tetap menjaga batas kecepatan maksimal 100 km per jam,” tuis rilis yang diterima IDN Times.

Bila merasa lelah, pemudik dapat menggunakan rest area yang tersebar di beberapa titik. Aparat mengimbau agar tidak berhenti di bahu jalan. “Apabila rest area penuh, pemudik dapat keluar terlebih dahulu di gardu terdekat untuk beristirahat, mengisi BBM, top up EU, atau wisata di sekitar Cipali,” tulis rilis tetrsebut.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya