Sebelum Kabur, Setnov Lebih Dulu Mengelabui Petugas Lapas

Empat jam Setnov kabur

Bandung, IDN Times - Aksi minggat yang dilakukan narapidana kasus korupsi e-KTP sekaligus mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto, dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin kepergok pada Jumat (16/4) malam. Dalam pelesiran itu, Setnov, sapaan akrabnya lebih dulu mengelabui petugas lapas.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak, saat dihubungi via telepon, Sabtu(15/6). Liberti mengatakan, petugas sempat kecolongan dengan alasan Setnov sebelum kabur.

1. Pulang dan dijemput petugas Lapas Sukamiskin

Sebelum Kabur, Setnov Lebih Dulu Mengelabui Petugas LapasIDN Times/Istimewa

Dokter Rumah Sakit Santosa Kota Bandung mengatakan kepada petugas pengawal lapas, bahwa Setnov sudah bisa pulang setelah dirawat inap selama tiga hari di sana. Sejak Rabu (12/6), Lapas Sukamiskin memang mengeluarkan izin sakit pada Setnov hingga mesti dirawat di RS Santosa.

"Petugas yang mengawal lalu menghubungi Lapas Sukamiskin untuk menjemput Setnov di RS Santosa," kata Liberti, Sabtu (15/6).

2. Ketika Setnov mengelabui petugas

Sebelum Kabur, Setnov Lebih Dulu Mengelabui Petugas LapasANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Namun, sekitar pukul 13.45WIB, Setnov meminta izin pada petugas pengawal untuk mengurus administrasi rumah sakit di lantai dasar. Setnov sendiri ketika itu dirawat inap di lantai 8 RS Santosa, Kota Bandung.

Dengan alasan itu, petugas pengawal percaya dan membiarkan Setnov mengurus administrasi rumah sakit. Padahal, ia baru saja ditipu.

"Banyak barang Setnov di kamar rawat, jadi petugas lebih menjaga barang daripada menemani Setnov ke bawah," katanya.

3. Hilang selama empat jam

Sebelum Kabur, Setnov Lebih Dulu Mengelabui Petugas Lapasistimewa

Namun, petugas pengawal mulai kebingungan setelah Setnov tak kunjung kembali ke ruangannya. "Petugas mengecek ke lantai dasar, mencari (Setnov). Ternyata dia tidak ada di sana," katanya.

Setelah menunggu empat jam, tepat pada pukul 17.45, Setnov baru dapat ditemui. Setelah itu, petugas langsung membawanya pulang ke Lapas Sukamiskin, Bandung.

4. Pelesiran ke Padalarang

Sebelum Kabur, Setnov Lebih Dulu Mengelabui Petugas LapasANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Selama kurun waktu empat jam di luar pengawalan, Setnov menghabiskan waktu salah satunya di sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Aksi pelesirannya kepergok masyarakat, dan diabadikan lewat rekaman foto amatir.

Dalam foto yang viral di media sosial tersebut, Setnov menggunakan kemeja lengan pendek, dengan kepala ditutupi topi hitam dan wajah yang yang tertutup masker. Tak hanya itu, dalam gambar tersebut pun ia tampak tengah berbincang dengan seorang perempuan berjilbab yang menenteng tas merah.

Perempuan tersebut adalah istri Setnov, Deisti Astriani Tagor. Deisti juga merupakan orang yang mengurus dan menemani Setnov selama tiga hari dirawat jalan di RS Santosa.

Topic:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Just For You