Comscore Tracker

Malam Ini, Jalan Asia Afrika Bandung Mulai Ditutup

Pemerintah gelar acara Deklarasi Rumah Bersama

Bandung, IDN Times - Pada Sabtu (15/12), kemeriahan akan menghiasi Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Bagaimana tidak, di sana Pemerintah Kota Bandung bakal menggelar Deklarasi Rumah Bersama sejak pagi hingga siang hari.

Demi menjaga kemeriahan acara tersebut, pemerintah telah memastikan untuk menutup ruas Jalan Asia Afrika Sementara waktu, mulai dari perempatan Hotel Preanger hingga jembatan penyebrangan di depan gedung eks-Palaguna.

Tak sampai di sana, ruas Jalan Tamblong setelah perempatan SPBU hingga perempatan Hotel Preanger pun akan mengalami penutupan sementara.

1. Bagaimana skema lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan?

Malam Ini, Jalan Asia Afrika Bandung Mulai DitutupIDN Times/Bagus F

Yeri, pelaksana teknis Deklarasi Rumah Bersama, mengatakan jika masyarakat tak perlu khawatir kesulitan untuk melintas sebagai dampak dari penutupan ruas jalan itu. Pasalnya, kata dia, ada jalur alternatif lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti Jalan Asia Afrika yang dilumpuhkan.

"Kendaraan yang dari arah Tamblong tetap masih bisa belok ke Naripan," kata Yeri, seperti dalam rilis yang diterima IDN Times Jabar, Jumat (14/2).

2. Asia Afrika akan ditutup malam ini

Malam Ini, Jalan Asia Afrika Bandung Mulai DitutupIDN Times/Azzis Zulkhairil

Tak hanya Deklarasi Rumah Bersama, Pemkot Bandung juga akan menggelar parade di sepanjang jalan yang ditutup itu. Parade, kata Yeri, merupakan simbol perdamaian dan kondusivitas Kota Kembang.

"Jadi mulai ditutup malam ini pukul 12 malam (00.00 WIB) sampai besok jam 12 siang," ungkapnya.

3. Pemkot berharap masyarakat disiplin lalu lintas

Malam Ini, Jalan Asia Afrika Bandung Mulai DitutupIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Bandung, Sony Teguh Prasatya, mengimbau agar masyarakat yang hendak melintasi ruas Jalan Asia Afrika untuk tetap mengikuti arahan petugas di lapangan. Disiplin dalam berkendara juga menjadi kunci keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

"Mungkin selama acara berlangsung akan ada kepadatan arus lalu lintas. Namun jika tetap tertib dan disiplin, arus lalu lintas bisa berjalan dengan baik," katanya.

4. Pentingnya Jalan Asia Afrika

Malam Ini, Jalan Asia Afrika Bandung Mulai DitutupIDN Times/Azzis Zulkhairil

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu jalan bersejarah di Kota Bandung yang setiap meternya menjadi sejarah perkembangan Kota Kembang. Dalam lima tahun sekali, jalan tersebut dijadikan titik inti untuk merayakan hari jadi Konferensi Asia Afrika.

Maka itu, jangan heran jika kegiatan-kegiatan yang digelar di Jalan Asia Afrika, baik oleh Pemkot Bandung atau masyarakat pada umumnya, kerap kali memiliki semangat kebersamaan.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya