Jawa Barat Dukung Ibu Kota Dipindahkan ke Kalimantan

Ridwan Kamil belum hitung dampaknya bagi Jawa Barat

Bandung, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa ia mendukung penuh rencana Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo dalam memindahkan Ibu Kota negara dari Jakarta. Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pemindahan it memiliki tujuan positif bagi masyarakat Indonesia.

Hari ini, Jumat (16/7), sejak pukul 09.30 WIB, Emil sudah berada di Gedung DPRD Jawa Barat untuk menyaksikan bersama pidato kenegaraan Jokowi jelang HUT Indonesia ke-74. Sepanjang jalannya acara, Emil terlihat amat menyimak pidato tersebut.

Ia pun mencatat beberapa poin penting dari pidato itu dan menyampaikannya pada wartawan. “…Terakhir presiden meminta izin pemindahan Ibu Kota,” kata Emil, menjelaskan catatannya pada wartawan di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (16/8).

1. Emil dukung keputusan pemindahan Ibu Kota

Jawa Barat Dukung Ibu Kota Dipindahkan ke KalimantanHumas Jabar

Menurut Emil, ia sama sekali tidak mempermasalahkan pemindahan Ibu Kota karena dianggap sebagai kepentingan bangsa. “Tadi juga disampaikan dari pidato DPRD, satu untuk semua, semua untuk satu, dan semua untuk semua,” tutur Emil.

2. Indonesia-sentris

Jawa Barat Dukung Ibu Kota Dipindahkan ke KalimantanHumas Jabar

Emil melanjutkan, masyarakat semestinya dibimbing agar tak Jawa-sentris. Jawa-sentris memang menimbulkan beberapa hal yang sejatinya dihindari, antara lain pembangunan yang tidak merata dan pertumbuhan ekonomi daerah yang timpang.

“Tapi harus Indonesia sentris, maka dengan pemindahan Ibu Kota itu mengindikasikan semangat Indonesia-sentris,” ujarnya.

3. Apa dampak pemindahan Ibu Kota bagi Jawa Barat?

Jawa Barat Dukung Ibu Kota Dipindahkan ke KalimantanHumas Jabar

Emil belum menghitung secara pasti apa saja dampak yang ditimbulkan setelah Ibu Kota dipindahkan bagi Jawa barat. Yang terang, kata dia, ada plus dan minus dari setiap keputusan besar.

“Jawa Barat mengikuti sejarah saja. Pada saat memang menyangga Ibu Kota, kami akan berperan dengan baik. Pada saat Jakarta sebagai ibu kota ekonomi, bukan pemerintahan, juga kami akan menjaankan tugas dengan baik,” katanya.

Baca Juga: Belum Sebut Nama Kota, Jokowi Bakal Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya