Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Para Badminton Internasional

Tak banyak perusahaan swasta mau mensponsori kegiatan ini

Bandung, IDN Times - Indonesia kembali menjadi tuan rumah kejuaraan para badminton level dunia. Dengan nama FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022, turnamen Grade 2 Level 3 dalam kalender federasi bulutangkis dunia (BWF) ini akan diselenggarakan mulai Selasa (23/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022) di GOR Among Rogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 merupakan kejuaraan para badminton level dunia yang sangat dirindukan. Terakhir kali Indonesia menyelenggarakan turnamen ini pada tahun 2016 di Solo, Jawa Tengah.

Group Brand Head PT. Savoria Kreasi Rasa, Vanessa Ingrid Pamela, menuturkan bahwa penyelenggaraan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 diharapkan menjadi ajang bagi atlet para badminton dalam mengasah kemampuan dan potensi diri demi mendulang prestasi.

Tidak bisa ditampik, penampilan atlet para badminton Indonesia di gelaran tersebut diharapkan dapat mengharumkan nama negara di kancah dunia.

1. Turnamen dapat memberikan motivasi bagi orang lain

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Para Badminton Internasionalilustrasi shuttlecock bulu tangkis (corporate.bwfbadminton.com)

Vanessa menjelaskan, turnamen ini digelar dengan mengusung tema #SparkleYourEnergy. Lewat kampanye itu, mereka berharap para atlet mampu menunjukkan kilau prestasinya.

“Selain itu, kami ingin semangat juang para atlet menjadi inspirasi dalam menaklukkan segala limitasi dan tantangan serta memberikan motivasi bagi orang lain,” tutur Vanessa dalam sesi jumpa pers yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (11/8/2022).

Tak hanya di arena pertandingan saja, semangat sparkle your energy yang merefleksikan jiwa pantang menyerah dan berdaya juang tinggi ini juga akan digaungkan melalui kampanye digital dengan melibatkan influencer.

Melalui kampanye digital ini, diharapkan generasi muda semakin berani memancarkan kilau semangat untuk menghadapi segala limitasi dan rintangan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Ingin tumbuhkan rasa bangga sebagai atlet para badminton

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Para Badminton InternasionalJadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Turnamen Para Badminton Internasional (IDN Times/Istimewa)

Pelaksanaan FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 juga tak lepas dari dukungan penuh Bakti Olahraga Djarum Foundation. Yoppy Rosimin selaku Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan, bergulirnya turnamen tersebut merupakan langkah untuk mengangkat citra dan kebanggaan atlet para badminton di tingkat dunia.

“Para badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak mendulang prestasi di berbagai kejuaraan internasional. Kami juga ingin membuat mereka memiliki kebanggaan sebagai atlet para badminton yang mengharumkan nama bangsa, khususnya melalui turnamen berkualitas seperti FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022,” kata Yoppy.

3. Tak banyak perusahaan yang mau mensponsori kejuaraan olahraga disabilitas

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Para Badminton InternasionalIlustrasi disabilitas (ANTARA FOTO)

Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, memberikan apresiasi terhadap dukungan FOX’S dan Bakti Olahraga Djarum Foundation dalam menghadirkan kembali turnamen para badminton level dunia ke Tanah Air.

Pasalnya, tidak banyak perusahaan khususnya di sektor swasta yang turut terlibat dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga disabilitas.

“Harus diakui, tidak banyak perusahaan yang mau mensponsori kejuaraan olahraga disabilitas. Hal Ini yang membuat kejuaraan internasional para badminton sempat terhenti selama enam tahun.”

“Untuk itu, kami mengapresiasi kesediaan FOX’S dan juga Bakti Olahraga Djarum Foundation yang berkenan ambil bagian dalam upaya meningkatkan kualitas atlet-atlet disabilitas melalui penyelenggaraan turnamen ini,” tutur Rima.

4. Tim Indonesia targetkan juara umum

Jadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Para Badminton InternasionalJadi Tuan Rumah, Indonesia Ingin Juarai Turnamen Para Badminton Internasional (IDN Times/Istimewa)

Rima melanjutkan, FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 akan menjadi pembuktian bagi skuad para bulu tangkis di Indonesia usai menyabet berbagai macam gelar internasional dan juga keluar sebagai juara umum di ASEAN Para Games 2022.

“Target kami di Yogyakarta nanti adalah juara umum, sama seperti target di APG 2022 kemarin. Untuk itu, sejumlah atlet yang berhasil mendulang prestasi akan kami sertakan demi mengamankan perolehan juara nanti,” kata Rima.

Sambutan positif turut diutarakan oleh Ukun Rukaendi. Atlet yang baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ASEAN Para Games (APG) 2022 ini memastikan diri berlaga di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022.

“Waktu diadakan di Solo enam tahun lalu, saya ikut main dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Jadi, di Yogyakarta nanti saya juga akan berusaha tampil maksimal. Apalagi ini statusnya bermain di rumah sendiri, tanggung jawab dan targetnya pasti lebih tinggi. Jadi saya harus mempersiapkan yang terbaik,” ujar Ukun.

Setali tiga uang, Rina Marlina yang terjun di nomor tunggal putri SH6 juga ingin melanjutkan hasil positif yang ia raih di APG 2022 lalu dengan kembali mempersembahkan gelar juara bagi ibu pertiwi.

“Kemenangan di APG kemarin tentu bikin saya lebih bersemangat untuk memenangkan gelar internasional lainnya. Semoga saya bisa bermain bagus di hadapan para pecinta bulutangkis Indonesia nanti. Mohon doanya,” kata Rina.

Baca Juga: Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2022

Baca Juga: Hebat! Atlet-atlet Difabel Jawa Tengah Borong 88 Medali Pesonas 2022 

Baca Juga: Cerita Difabel Netra Tes UTBK, Mau Buktikan Difabel Bisa Kuliah di PTN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya