[BREAKING] Mantan Bupati Bogor Terpidana Korupsi Dibebaskan Besok

Rachmat akan menjalani masa Cuti Menjelang Bebas

Bandung, IDN Times – Secara aturan, terpidana kasus korupsi mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, baru akan bebas pada Agustus 2019. Namun, kata Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Tejo Harwanto, Rachmat akan menjalani Cuti Menjelang Bebas (CMB) besok, Rabu (8/5).

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa mantan pejabat PPP itu akan menghirup udara bebas besok. CMB merupakan sebuah skema cuti yang merupakan usulan dari Lapas Sukamiskin.

Meski demikian, selama CMB Rachmat masih tetap berada di bawa pengawasan aparat Lapas Sukamiskin. “Beliau akan diawasi di bawah bimbingan Bapas (Balai permasyarakatan) Bogor,” ujar Tejo, ketika dihubungi via telepon, Selasa (6/5).

Pada hari Pemilihan Umum 2019 digelar, Rabu (17/4), Rachmat Yasin menjadi salah satu warga binaan Lapas Sukamiskin yang disorot lensa wartawan. Selain terlihat sumringah, hari itu Rachmat bertemu teman lamanya, Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung yang tengah melakukan kunjungan.

Kedatangan Yana tentu dalam kepentingan mengecek kelancaran jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung. Yana datang tanpa mengganggu proses pemungutan suara. Ia, yang ditemani Tejo, tidak menembus clear area yang ditentukan.

Tak lama kemudian, mantan Bupati Bogor dua periode, Rahmat Yasin, menghampirinya. Terpidana kasus suap Sentul City itu lantas berpelukan erat dengan Yana.

Sambil berpelukan, keduanya menanyakan kabar satu sama lain. Kepada awak media yang menyaksikan peristiwa itu, Yana mengatakan kalau Rahmat merupakan sahabat lamanya. "Saya cukup akrab (dengan Rahmat. Dia kawan lama saya," kata Yana, di Lapas Sukamiskin, Rabu (17/4).

Sebelumnya, pada 7 Mei 2014, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkan Rahmat di kediamannya di Perumahan Yasmin, Kabupaten Bogor. Penangkapan itu dilakukan setelah KPK memastikan bahwa Rahmat menerima suap dari Bos Sentul City, guna kelancaran izin Rancangan Umum Tata Ruang di Bogor, Puncak, dan Cianjur.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya