Bangga! Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022

Indonesia pulang dengan bekal pengalaman berharga

Bandung, IDN Times - Sebelas pelajar SMP IPEKA Integrated Christian School (IICS) berhasil mengukir prestasi tingkat internasional di ajang World Scholar’s Cup (WSC) 2022. Mereka meraih juara pertama di babak final WSC 2022 bertajuk Tournament of Champions di Yale University, Amerika Serikat.

Raihan ini didapat setelah tim IICS menyingkirkan pesaing berat dari Amerika Serikat, Kanada, Uni Emirat Arab, serta Malaysia dalam ajang yang diikuti oleh sekitar 1.800 pelajar dari 60 negara.

Tim IICS terdiri dari murid kelas tujuh, delapan, dan sembilan dengan kisaran usia 12-14 tahun. Meskipun baru pertama kali mengikuti ajang internasional ini, selama perjalanannya mereka mengumpulkan puluhan piala atau trofi serta medali di WSC 2022.

1. Tim IICS raih juara pertama First Place Overall Champion Team

Bangga! Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022 (IDN Times/Istimewa)

Pada babak penyisihan WSC Global Round di Bangkok, September 2022, mereka meraih total 21 trofi, 80 medali emas, dan 21 medali perak. Sedangkan di babak final atau WSC Tournament of Champions yang diselenggarakan di Yale University pada November 2022, tim IICS meraih total enam trofi, 39 medali emas, dan 32 medali perak.

Di sisi lain, tahun ini, tim Indonesia melalui IICS berhasil meraih juara pertama sebagai First Place Overall Champion Team untuk kategori Junior Division.

Tim tersebut merupakan campuran dari sekolah IICS dan ACS International Singapore yang diwakili oleh Audrey Effendi (IICS), Caitlin Valencia Yong (IICS), serta Jayden Christian Budiman (ACS International Singapore).

2. Ajang WSC mengajarkan banyak hal

Bangga! Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022 (IDN Times/Istimewa)

Junior and Senior High School Administrative Principal IICS, Engelina Sutantio menyambut tim juara dari IICS pada Jumat, 9 Desember 2022 dalam acara pengucapan syukur di Sekolah IICS, Jakarta Barat.

Lewat sambutannya, Engelina mengungkapkan kebanggaannya kepada murid IICS yang berprestasi di level internasional ini.

“Kami tentu saja sangat bersyukur pada Tuhan, dan sangat bangga dengan prestasi anak-anak didik kami. Sungguh merupakan prestasi yang sangat luar biasa,” tutur Engelina, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (14/12/2022).

“Kami percaya pengalaman di ajang WSC mengasah mereka di berbagai kecakapan interaksi dan teamwork antara satu sama lain, serta kegigihan untuk berusaha yang terbaik dalam mempersiapkan apa yang menjadi end goal mereka. Kami juga sangat mengapresiasi orangtua murid kami yang begitu supportive sampai saat ini.”

3. Pulang dengan bekal ilmu dari WSC 2022

Bangga! Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022 (IDN Times/Istimewa)

Salah satu peraih Juara Pertama kategori Junior Division WSC 2022 dari IICS, Audrey Effendi mengungkapkan bahwa banyak pengalaman berharga yang didapat dari ajang ini.

“Di kompetisi ini kami tidak hanya mempelajari hal baru dari kurikulum WSC, tetapi kami juga bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Momentum yang paling tak terlupakan dan membanggakan adalah ketika melihat bendera merah putih berkibar di panggung Yale University,” ujar Audrey.

4. Mengenal WSC sebagai ajang bergengsi para pelajar

Bangga! Pelajar IPEKA Juara Pertama di World Scholar’s Cup 2022pinterest.com

World Scholar’s Cup alias WSC adalah kompetisi internasional bergengsi yang tidak hanya menguji kemampuan akademik siswa, namun juga memberikan kesempatan untuk bertemu dan bersosialisasi dengan siswa-siswa lain dari benua dan negara yang berbeda.

Pada kompetisi ini, siswa tidak hanya diajak untuk mengenal lebih dalam berbagai isu di dunia, tetapi juga dilatih kekompakannya dalam satu tim.

Kompetisi WSC dimulai dengan seleksi pada regional round, yang memungkinkan peserta atau siswa mengikuti kompetisi ini di negaranya masing-masing. Setelah lolos seleksi ini, peserta berhak mengikuti kompetisi WSC di ajang global atau global round.

Terdapat empat bidang yang diuji dalam kompetisi WSC yaitu Collaborative Writing, Scholar’s Challenge, Team Bowl, dan Team Debate.

Baca Juga: 9 Potret Anna Pavlidou Miss International Yunani 2022 yang Inspiratif

Baca Juga: 5 Tips Anak Gemar Belajar Sejak Dini, Terapkan, yuk!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya