Aktivitas Vulkanik Menurun, Tangkuban Parahu Masih Ditutup

Aktivitas menurun hampir separuhnya.

Bandung, IDN Times – Saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tengah mengevaluasi status Gunung Tangkuban Parahu. Evaluasi tersebut dilakukan setelah aktivitas vulkanik objek wisata tersebut tercatat menurun.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan, mengatakan jika aktivitas vulkanik Tangkuban Parahu terus menurun setelah mengalami erupsi sekitar dua bulan lalu, atau pada Jumat, 26 Juli 2019.

1. Getaran mulai mengecil

Aktivitas Vulkanik Menurun, Tangkuban Parahu Masih DitutupANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

“Seismograf Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu merekam getaran tertinggi yakni hanya 22 milimeter amplitudo dengan durasi hingga 18 detik. Hari ini ada empat kali gempa hembusan dengan 2 sampai 22 milimeter amplitudo,” kata dia, saat dihubungi pada Selasa (8/10).

Dari rekaman tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa getaran pada Gunung Tangkuban Parahu mengalami penurunan hampir separuhnya. Pasalnya, ketika mengalami erupsi, getaran tertinggi yang terekam oleh seismograf mencapai 50 milimeter amplitudo.

2. Masih ada asap

Aktivitas Vulkanik Menurun, Tangkuban Parahu Masih DitutupANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Di sisi lain, menurut catatan PVMBG, asap erupsi yang muncul dari Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu yang bersifat freatik, masih dapat terlihat meski dalam intensitas tipis. Asap tersebut mengepul hingga tinggi 120 meter dari dasar kawah.

3. Objek wisata belum dibuka

Aktivitas Vulkanik Menurun, Tangkuban Parahu Masih DitutupIDN Times/Galih Persiana

Beberapa jam setelah mengalami erupsi dua bulan lalu, Gunung Tangkuban Parahu dilarang untuk dikunjungi wisatawan. Pelarangan tersebut masih berlaku hingga saat ini, karena para ahli berpendapat bahwa Gunung Tangkuban Parahu masih berpotensi erupsi.

Maka itu, meski aktivitas erupsi Gunung Tangkuban Parahu kian menurun, PVMB tetap memberi status “waspada” pada gunung tersebut. Artinya, hingga saat ini objek wisata itu belum bisa diakses oleh wisatawan.

“Jarak aman dari kawah Gunung Tangkuban Parahu sekitar 1,5 km,” tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya