Comscore Tracker

Yuk Saksikan Gerhana Bulan Total Secara Virtual Bareng Bosscha

Besok nih! Jangan kelewatan

Bandung, IDN Times - Observatorium Bosscha kembali menggelar nonton bareng gerhana bulan total secara virtual, Rabu(26/5/2021). Pengamatan secara virtual ini akan dimulai pada pukul 17.00WIB. 

Pengamatan secara virtual dilakukan karena secara pandemik COVID-19 Observatorium Bosscha menutup akses bagi masyarakat yang hendak melakukan kunjungan.

Terhitung sejak pandemi pula Bosscha membuat program Pengamatan Virtual Langit Malam (PVLM) yang bertujuan memperkenalkan astronomi secara populer kepada masyarakat.

Melalui program ini masyarakat juga masih bisa mendapatkan akses untuk melakukan pengamatan dan mendapatkan pengetahuan astronomi melalui teleskop Observatorium Bosscha, tetapi tidak perlu datang ke Observatorium Bosscha.

1. Pengamatan gerhana bulan dilakukan di Bandung dan Kupang

Yuk Saksikan Gerhana Bulan Total Secara Virtual Bareng BosschaInstagram.com/bandung.banget

Pada 2021, PVLM rutin digelar setiap bulan. Yatny Yulianty selaku peneliti di Observatorium Bosscha mengatakan, pengamatan tersebut disiarkan secara langsung melalui internet sepeti Youtube dan platform lainnya.

Untuk menggelar PVLM dalam rangka Gerhana Bulan Total (GBT) pada 26 Mei 2021, Observatorium bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana di Kupang, Nusa Tenggara Timur, komunitas pecinta astronomi Pecinta Langit Timur (Pelati), dan seorang astronom amatir dari Kupang, Zulkarnain.

"Pengamatan GBT nanti akan dilaksanakan di Bandung dan Kupang. Pengamatan gerhana bulan di Kupang lebih mudah dilakukan dan potensi terlihatnya bulan lebih tinggi karena posisi bulan lebih tinggi dan cuaca lebih cerah daripada di Bandung," kata dia melalui siaran pers, Selasa (25/5/2021).

2. Masyarakat bisa menikmati pemandangam GBT secara gratis

Yuk Saksikan Gerhana Bulan Total Secara Virtual Bareng BosschaIDN Times/Istimewa

Selain melakukan pengamatan, PVLM pada Mei ini juga akan disertai diskusi ringan seputar gerhana bulan. Diskusi tersebut mendatangkan narasumber dari Kelompok Keahlian program studi Astronomi Ferry M. Simatupang, astronom Observatorium Bosscha Muhammad Yusuf, dosen dari Universitas Nusa Cendana Andreas Ch. Louk, dan astronom amatir Zulkarnain.

PVLM dapat disaksikan di channel Youtube Bosscha Observatory dan Slido mulai pulul 17.00 WIB. Dengan bergabung di Slido, masyarakat dapat mengikuti sesi diskusi interaktif seperti memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mengikuti polling. Untuk dapat bergabung di Slido, masyarakat dapat mendaftar secara gratis melalui https://bosscha.itb.ac.id/id/layanan/pvlm/ mulai hari Selasa (25/05/2021) pukul 19.00 WIB dan terbatas hanya untuk 700 orang.

Karena GBT dapat disaksikan di sebagian besar wilayah di Indonesia, maka masyarakat juga dapat menyaksikan gerhana bulan total secara langsung di wilayah masing-masing.

“Nikmati saja fenomena [gerhana bulan total] nanti pada langit yang cerah dan jangan lupa jaga kondisi, patuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

3. Ini waktu terbaik menikmati super blood moon

Yuk Saksikan Gerhana Bulan Total Secara Virtual Bareng BosschaSeorang anak menyaksikan gerhana matahari cincin dari monitor yang disediakan oleh Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (21/6). Dok. Masjid Al Akbar Surabaya

Gerhana Bulan total diperkirakan akan tampak lebih besar dibanding biasanya. Selain itu, Bulan juga akan tampak merah karena pembiasaan cahaya Matahari oleh lapisan atmosfer Bumi.

Secara universal, gerhana Bulan total tahun ini dapat disaksikan negara-negara di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian besar benua Amerika kecuali Kanada bagian Timur Kepulauan Virgin sampai dengan Trinidad-Tobago, Brazil bagian timur, Guyana, Suriname, dan Guyaha Prancis.

LAPAN mengatakan, gerhana kali ini juga memiliki sejumlah keunikan lain, yakni lebar sudutnya lebih besar sebanyak 13,77 persen dibandingkan ketika berada di titik terjauhnya (apoge), kecerlangannya atau tingkat keterangannya 15,6 persen lebih terang dibandingkan dengan rata-rata, serta Lebih terang 29,1 persen dibandingkan ketika apoge.

Baca Juga: 8 Peristiwa Langit Terbaik Mei 2021, Ada Gerhana Bulan!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya