Yuk Ngabuburit di Gray Art Braga, Ada Pameran Seni Rupa Islami

Bisa dua jam melihat seluruh karya seni yang ada di sini

Bandung, IDN Times - Mau ngabuburit sambil menikmati karya seni? Bolehlah berkunjung ke Grey Art Gallery di Jalan Braga, Kota Bandung. Di sini sedang dipamerkan puluhan karya bertemakan islami.

IDN Times coba mengunjungi galeri seni ini untuk ngabuburit, Minggu (18/3/2024). Terdapat banyak lukisan bertemakan islami dan kaligrafi yang cukup menakjubkan dan tentunya bisa menyejukan hati.

Karya seni rupa tersebut terpampang di setiap sudut mulai di lorong, lantai atas, lantai bawah, hingga ruangan utama. Jika kalian ingin menikmati puluhan karya seni ini akan membutuhkan waktu hingga dua jam. Lama waktu terasebut sangat cocok untuk menghabiskan waktu sambil ngabuburit.

1. Ngabuburit di galeri jadi hal unik

Yuk Ngabuburit di Gray Art Braga, Ada Pameran Seni Rupa IslamiIDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti yang dilakukan Sabrina (26) dan Windi (38). Mereka datang ke Grey Art Gallery datang ke tempat ini setelah berjalan di sekitar jalan Braga. Sambil menunggu waktu adzan, keduanya menyempatkan diri menikmati seni rupa Islami.

"Lumayan kan sambil jalan-jalan di Braga terus ke sini bisa lihat lukisan sambil santai nunggu waktu buka," kata Sabrina.

Warga asli Kota Bandung ini memang biasa ngabuburit keliling perkotaan ketika akhir pekan. Dan kawasan Asia Afrika hingga Jalan Braga menjadi pilihan untuk bersantai bersama teman-temannya.

Menurut dia, ngabuburit di galeri seni rupa merupakan hal yang tak biasa. Tapi karena karya yang dipamerkan menarik sehingga bisa membuat warga berdatangan ke galeri ini.

"Kalau memang karyanya bagus kaya gini saya juga senang datang dan berlama-lama," kata dia.

2. Berharap lebih banyak tempat menarik untuk ngabuburit

Yuk Ngabuburit di Gray Art Braga, Ada Pameran Seni Rupa IslamiIDN Times/Debbie Sutrisno

Hal senada disampaikan Windi. Meski tak punya latar belakang seni, tapi dia menikmati ketika datang ke tempat seni rupa. Beragam karya yang ada kerap membuatnya takjub pada para pelukis atau seniman karya yang memamerkan karyanya.

"Kaya di sini ada juga lukisan yang kosong. Saya ga tahu apa artinya, tapi itu juga kan karya seni yang sudah dipikirkan matang-matang sama senimannya," ungkap Windi.

Dia berharap pameran seni seperti ini bisa dilakukan di banyak tempat di Kota Bandung. Sehingga lebih banyak juga tempat untuk ngabuburit warga yang sedang menjalankan puasa.

3. Hadirkan 85 karya dari 75 Pelukis

Yuk Ngabuburit di Gray Art Braga, Ada Pameran Seni Rupa IslamiIDN Times/Debbie Sutrisno

Art Support Grey Art Gallery Chamid Nur Dwaji mengatakan pameran bertajuk Bulan Terbit ini digelar dari tanggal 15 Maret hingga 19 April 2024.

Dwaji mengatakan pameran ini sebetulnya sudah direncanakan sejak tahun 2023 lalu, namun baru terealisasi tahun ini. "Satu tahun yang lalu Grey Art Gallery mencoba untuk menggagas wacana ini ketika bulan Ramadan, juga untuk menyambut bulan Ramadan, tahun ini kami coba merealisasikan program dan wacana tahun lalu," katanya kepada detikJabar.

Menurut Dwaji, ada 85 karya dari total 75 seniman seluruh Indonesia dipamerkan di galeri ini. Meski mayoritas berasal dari Bandung, tapi dalam pameran ini juga dipersilakan seniman dari luar yang selama ini karyanya belum banyak terpublikasi bisa dihadirkan.

Disinggung terkait genre, Dwaji menyebut jika secara visual dan dikategorikan berdasarkan genre itu macam-macam.

"Kalau misalnya dilihat dari visual seni rupa Islam, kurator mengatakan bahwa, dia ngasih kiat-kiat atau batasan-batasan kepada para senimannya untuk tidak terjebak pada kata Islam, tapi lebih pada memvisualkan nilai-nilai islaminya. Jadi, berdasarkan perspektif atau persepsi senimannya itu sendiri untuk nge-visualisasiin pengantar kulatorialnya sendiri," jelasnya.

Dwaji mengatakan mengutip kalimat dari pengamat seni yang yang cukup kontroversial Asmudjono Irianto, sebenarnya apa yang kita lakukan di sini bukan bermaksud untuk memberi dakwah atau pemahaman kepada para pengunjung tentang seni rupa itu ada yang islami.

"Tapi, secara tidak langsung mungkin para pengunjung memiliki persepsi seperti itu, jadi itu kita kembalikan kepada pengunjung dan apresiasi lagi bilamana mereka merasa tercerahan dengan apa yang kita tampilkan di pameran Bulan Terbit ini ya puji Tuhan alhamdulillah," terangnya.

Dwaji menambahkan jam operasional tidak berganti tetap dari Pukul 10.00-20.00 WIB dan pameran ini cocok sekali dikunjungi untuk ngabuburit. "Tentu saja ngabuburit silakan datang untuk ngabuburit di Grey Art Gallery," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Film Bernutrisi Buat Nemenin Waktu Ngabuburit Kamu, Penuh Inspirasi!

Baca Juga: 5 Kegiatan Seru Akhir Pekan saat Ramadan, Bisa Sambil Ngabuburit!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya