Yana Mulyana Pastikan Harga Bahan Pokok di Bandung Masih Aman

Harga murah diharap bisa tekan angka inflasi

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan harga bahan pokok belum menunjukan kenaikan signifikan selama bulan Ramadan. Pengendalian harga pun terus dilakukan salah satunya melalui kegiatan pasar murah baik yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) maupun yang dikerjasamakan dengan pihak swasta.

"Kalau untuk stok masih aman lah yah. Tinggah harga akan kita kendalikan agar tidak naik," ujar Yana saat menghadiri kegiatan Pasar Murah bersama Komunitas Masyarakat Tionghoa Peduli, Jumat (31/3/2023).

2. Diharap bisa tekan inflasi

Yana Mulyana Pastikan Harga Bahan Pokok di Bandung Masih AmanIlustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Yana mengatakan, pasar murah sengaja dilakukan Pemkot Bandung menggandeng berbagai elemen masyarakat. Sebelumnya sudah ada kegiatan tersebut sebelum Ramadan di 15 kecamatan.

Ke depan sebelum Idul Fitri akan juga dihadirkan pasar murah di sejumlah kecamatan sehingga masysarakat bisa mendapatkan sembako dengan harga terjangkau untuk digunakan di Hari Raya.

"Seperti sekarang kan dengan Rp50 ribu bisa mendapat bantuan. Ada beras, minyak, mie instan, dan snack dalam satu paket," kata dia.

2. Diharap bisa tekan inflasi

Yana Mulyana Pastikan Harga Bahan Pokok di Bandung Masih AmanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan pasar murah ini, lanjut Yana, Pemkot Bandung berupaya agar tidak ada kenaikan inflasi yang bisa menggerus pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi selama Ramadan biasanya ada kenaikan harga sembako yang kemudian berdampak pada nilai inflasi.

"Jadi kalau harga barang murah didapat masyarakat harapannya inflasi juga bisa ditekan," kata dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Februari 2023 terjadi inflasi MtM sebesar 0,26 persen, sedangkan inflasi YoY sebesar 7,50 persen. Inflasi MtM Kota Bandung pada Februari 2023 terjadi sebesar 0,26 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 116,17. Inflasi MtM Jawa Barat sebesar 0,35 persen, sedangkan inflasi MtM nasional sebesar 0,16 persen.

3. Siapkan 10 ribu paket murah untuk dibeli masyarakat

Yana Mulyana Pastikan Harga Bahan Pokok di Bandung Masih AmanIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, perwakilan Masyarakat Tionghoa Peduli, Djoni Toat menuturkan, pihaknya menyiapkan 1.000 paket yang disiapkan di Jalan Braga. Hingga Idul Fitri komunitas ini bakal memberikan bantuan dengan jumlah paket mencapai 10 ribu yang disebar di daerah Bandung Raya.

"Sasarannya kepada masyarakat setempat yang ada di lokasi agar mereka tidak jauh untuk mengambil bantuan. Kami juga siapkan tempat donor darah di 20 lokasi," kata dia.

Baca Juga: Pasar Murah Tetap Digelar Meski Harga Stabil Jelang Ramadan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya