Tjahjo Kumolo Meninggal, PDIP Jabar Kibarkan Bendera Setengah Tiang 

Tjahjo meninggal di rumah sakit

Bandung, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara- Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat(1/7/2022). Ucapan belasungkawa pun disampaikan berbagai pihak kepada politikus PDI-P tersebut.

Salah satunya di kantor Sekretariat DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung. Bendera setengah tiang dikibarkan sebagai bentuk duka atas wafatnya Tjahjo Kumolo, Jumat (1/7/2022).

"Kita tadi siang baru kehilangan kader PDIP perjuangan, mantan Sekjen DPP PDI Pak Tjahjo Kumolo yang kebetulan juga menteri pendayagunaan aparatur negara. Jadi tentu PDIP perjuangan berduka," kata Sekjen DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan.

1. Bendera dikibarkan selama sepekan

Tjahjo Kumolo Meninggal, PDIP Jabar Kibarkan Bendera Setengah Tiang Jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo dibawa dari rumah duka menuju Kemenpan RB untuk disalatkan, Jumat (1/7/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Ketut menuturkan, bendera setengah tiang dikibarkan sebagai tindak lanjut dari instruksi pengurus partai di tingkat pusat. Adapun bendera merah putih setengah tiang di bakal dipasangi selama tujuh hari ke depan.

"Kader partai terbaik. Untuk menghormati jasa almarhum, nah Dewan Pimpinan Pusat partai mengambil keputusan untuk di seluruh sekretariat partai itu memasang bendera merah putih setengah tiang. Jadi ini rasa berkabung bagi kader PDIP perjuangan selama tujuh hari," ucap dia.

2. Tjahjo dianggap sosok yang baik dan pekerja keras

Tjahjo Kumolo Meninggal, PDIP Jabar Kibarkan Bendera Setengah Tiang Menpan RB Tjahjo Kumolo dan forkopimda Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Bagi pengurus partai PDIP di Jabar, menurut Ketut, Tjahjo merupakan sosok pekerja keras dan dikenal baik. Tjahjo juga dikenal begitu cermat dalam mengelola berbagai isu partai dan disiplin mengelola berbagai kegiatan yang diadakan oleh partai.

"Pak Tjahjo ini kan mantan sekjen tahun 2005 dan 2010, beliau adalah pekerja keras dan sosok yang baik ya, yang kita kenal dan memang sangat cermat di dalam mengelola isu partai selama ini," kata dia.

3. Meninggal setelah mendapat perawat

Tjahjo Kumolo Meninggal, PDIP Jabar Kibarkan Bendera Setengah Tiang (Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Dok. Kemendagri.go.id)

Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, Jumat (01/07/2022) pukul 11.10 WIB. 

“Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya,” kata Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini melalui keterangan tertulis.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Menteri Tjahjo sempat menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni. Ia sebelumnya sakit komplikasi, seperti paru-paru, diabetes, dan asam urat.

Rencananya jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di rumah dinas di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, sebelum dimakamkan di TMP Kalibata.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya