Empat Polisi Terbakar Saat Amankan Unjuk Rasa Mahasiswa di Cianjur

Kepolisian terus mendalami persoalan tersebut

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat membenarkan terdapat empat anggota Polres Cianjur yang terbakar saat mengamankan aksi unjuk rasa mahasiswa di Kantor DPRD Cianjur, Kamis (15/8).

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, berdasarkan informasi sementara anggota yang terbakar itu adalah Aiptu Erwin anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cianjur, Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon dari Sabhara Polres Cianjur.

Dia menyebutkan, dalam insiden ini Erwin mendapat luka paling serius lantaran tersambar api dari ban yang dibakar massa. Sementara dua anggota lain ikut tersambar saat berusaha menyelamatkan Erwin.

"Info sementara Erwin luka bakar 80 persen, Kondisinya sadar dan dua orang yang lain juga terbakar dan kondisinya sadar," kata Truno.

1. Demo diikuti 50 mahasiswa

Empat Polisi Terbakar Saat Amankan Unjuk Rasa Mahasiswa di Cianjurgoogle

Truno menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi saat Erwin mengamankan jalannya demo mahasiswa ke Gedung DPRD Kabupaten Cianjur. Demo yang diikuti 50 orang tersebut awalnya berjalan tertib, tapi kemudian berujung ricuh lantaran massa gagal menemui anggota dewan.

"Mereka melakukan aksi pembakaran ban sekitar pukul 13.00 (WIB). Sebelum pembakaran, dilakukan aksi penutupan jalan terlebih dahulu," ujarnya.

2. Pendemo disinyalir menyiramkan bensin ke tubuh Erwin

Empat Polisi Terbakar Saat Amankan Unjuk Rasa Mahasiswa di Cianjurmotoringresearch.com

Dari informasi yang dihimpun Polda Jabar, pendemo awalnya memang melakukan pembakaran ban di sekitar lokasi aksi. Pada saat itu, Erwin yang tengah berjaga berusaha memadamkan api tersebut. Namun tiba-tiba ada seseorang dari massa yang menyiramkan bensin ke tubuh Erwin.

"Pada saat pemadaman api ada salah satu oknum menyiram yang bersangkutan dengan bahan bakar atau minyak yang mudah terbakar. Sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar dan saat ini sedang dalam penanganan medis," kata dia.

3. Dua polisi lain terbakar saat berusaha menyelamatkan Erwin

Empat Polisi Terbakar Saat Amankan Unjuk Rasa Mahasiswa di CianjurIDN Times/Galih Persiana

Ketika api menyambar Erwin, anggota polisi lain yakni Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon dari Sabhara Polres Cianjur berupaya memadamkan api. Namun, keduanya juga ikut terbakar.

"Jadi ada tiga orang yang mengalami luka bakar. Info sementara (Erwin) luka bakar 80 persen tapi nanti untuk lebih jelas tim medis. Kondisinya sadar dan dua orang yang lain juga terbakar dan kondisinya sadar," kata Truno.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya