Tahun Ini Jamaah Haji di Lima Daerah akan Berangkat via BIJB Kertajati

Pemprov akan menutup kekurangan biaya untuk asrama haji

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan jamaah haji dari lima Kabupaten/Kota berangkat via Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka. Kelima Kabupaten/Kota tersebut meliputi Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Sekretaris Daerah Iwa Karniwa menuturkan, jumlah itu kemungkinan besar bertambah, mengingat Kabupaten Sumedang tertarik untuk memberangkatkan jamaah haji via BIJB Kertajati.  "Jadi, untuk keberangkatan haji tahun ini Jawa Barat ada dua tempat, yang pertama di Bekasi, yang kedua di Kertajati,” ujar Iwa usai memimpin rapat pembahasan rencana pemberangkatan haji dari BIJB Kertajati, di Ruang Malabar Gedung Sate, Senin (13/5).

Untuk menampung jamaah, Pemprov Jabar pun telah mempersiapkan asrama haji yang bisa dipergunakan sekitar 6.705 jamaah. Cirebon kemungkinan akan menjadi salah satu daerah yang dipersiapkan menampung jamaah haji berkaitan dengan asrama. Di sana terdapat hotel dengan fasilitas lengkap untuk menunjang embarkasi haji. 

Hotel yang sudah ditetapkan Pemprov Jabar memiliki 62 kamar dengan 456 tempat tidur, kamar mandi, AC, dan kapasitas parkir yang luas. Selain itu, jarak hotel ke BIJB pun tergolong cukup, yakni 4 km menuju pintu tol dan 63 km menuju BIJB dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit. 

Terkait anggaran, Iwa Karniwa mengaku ada selisih harga meskipun tidak besar. Namun, Pemprov Jabar siap menutup kekurangan tersebut.  “Anggaran tidak ada masalah, sudah disiapkan oleh Kemenag (Kementerian Agama), hanya ada kekurangan sedikit, itu nanti kita bisa selesaikan oleh pemprov. Kita akan koordinasikan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, memastikan tak ada perubahan jadwal keberangkatan untuk kloter pertama jamaah haji di BIJB Kertajati, yakni pada 20 Juli 2019. 

“Tidak ada perubahan kloter, semua tetap on schedule. Hanya beda tempat berangkat,” ujar Ajam.

Baca Juga: 3 Menteri Putuskan Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji Mulai 2019 

Baca Juga: Raja Salman Tambah 10 Ribu Kuota Haji, Jokowi: Target Kita 250 Ribu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya