Comscore Tracker

Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKS

Kemungkinan pemiilhan umum digelar serentak 2024

Bandung, IDN Times - Perbicangan siapa bakal maju dalam pemilihan gubenur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) sudah ramai di masyarakat. Sejumlah sosok diprediksi bakal maju untuk jadi orang nomor satu di Tanah Pasundan.

Salah satu sosok yang digadang-gadang untuk maju adalah Wali Kota Bandung Oded M Danial. Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memungkinkan untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Namun Oded enggan sesumbar. Di hadapan para wartawan, Oded yang merupakan kader partai mengaku hanya mengikuti arahan.

"Gini, dari dulu pemikiran Mang Oded dalam perpolitikan, saya itu sebagai bagian dari kader partai. Oleh karena itu saya selalu mengedepankan bagaimana nanti keputusan partai," ujar Oded, Jumat (24/9/2021).

1. Kalau partai suruh saya maju, saya akan maju

Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKSFoto hanya ilustrasi/Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama pengurus DPP PKS. (Dok PKS)

Menurut Oded, untuk maju dalam Pilkada baik tingkat pemerintah kabupaten/kota atau provinsi, tidak bisa melaju sendiri. Artinya harus ada izin dari partai ketika seorang kader berniat ikut dalam pilkada.

"Kalau kata partai disuruh masih di Bandung kalau ada umur panjang sehat kalau kata partai cicing (maju) di Bandung saya di Bandung. Tpi kalau kata partai saya disuruh ke provinsi saya ke provinsi," ungkap Oded.

2. Pemetaan suara partai masih sulit dilakukan

Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKSIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Terkait dengan kondisi PKS dan dukungan dari masyarakat untuk pilkada mendatang, Oded belum bisa memastikannya. Pun suara untuknya dalam pemilihan kepala daerah mendatang belum bisa ditentukan dari sekarang.

"Terlalu pagi ngomong itu, masih dua tahun digawe (bekerja). Mang oded sudah berjanji ke masyarakat kota bandung amanat kota bandung 2 tahun 3 hari," pungkasnya.

3. DPR belum pastikan Pilkada dan Pilres digelar serentak

Siap Maju Pilgub Jabar 2024, Oded M Danial Tunggu Instruksi PKSANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara itu, Komisi II DPR RI menggelar rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Bawaslu, dan DKPP, untuk membahas Pemilu 2024. Keputusan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 kembali ditunda.

"DPR kembali menunda keputusan soal tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada tahun 2024. Pasalnya, sampai saat ini masih ada dua konsep mengenai tanggal pasti penyelenggaraan Pemilu," kata Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia, Kamis (16/9/2021).

Untuk diketahui, penundaan pengambilan keputusan ini adalah yang kedua kalinya dilakukan. Sebelumnya, DPR RI menunda pengambilan keputusan soal tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 pada 6 September lalu.

Pengambilan keputusan pertama ini ditunda karena Tito berhalangan hadir. Ahmad Doli mengatakan, KPU dan pemerintah punya pandangan berbeda. KPU mengusulkan Pemilu 2024 digelar Februari. Sementara, pemerintah mengusulkan Pemilu 2024 digelar pada April atau Mei. Karena ada dua konsep berbeda, keputusan akhirnya tidak dapat diambil hari ini. 

"Karena memang ini penting dan persiapannya cukup panjang, kita sepakati sebelum berakhir masa sidang ini kita harus ambil keputusan, paling lama di awal Oktober sebelum masa reses," ucapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya