Sebuah Musala di Pasar Sadang Serang Terhindar dari Kebakaran 

Ada 170 kios terbakar di pasar ini

Bandung, IDN Times - Sebuah musala di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, terhindar dari kebakaran pada Jumat (4/8/2023). Kondisi ini sangat jauh berbeda dari sebuah ruko yang berada tepat di depannya, di mana hangus dilahap Si Jago Api.

Dari pantauan IDN Times, musala yang bangunannya bersatu dengan toilet ini tampak hanya terbakar di salah satu tembok saja. Sementara di bagian depan bangunan, tempat ini tidak terbakar parah. Mulai dari genting, kayu penyangga, hingga banner bertuliskan musala masih aman.

Sementara sebuah ruko sendal dan sepatu di depan musala ini hancur. Barang yang ada di ruko habis terbakar tak tersisa. Sejumlah banner ruko ini pun hangus terbakar.

1. Ini merupakan keajaiban

Sebuah Musala di Pasar Sadang Serang Terhindar dari Kebakaran IDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu pekerja dinas kebekaran Kota Bandung, Asep Sudrajat heran dengan kondisi ini. Padahal, menurutnya, api sempat melahap sejumlah ruko yang tidak jauh dari bangunan musala tersebut.

"Mungkin ini namanya tempat ibadah yang selalu 'dingin', adem, jadi tidak panas pas kebakaran," kata Asep ditemui di Pasar Sadang Serang, Senin (7/8/2023).

2. Kebakaran lahap 170 kios pedagang

Sebuah Musala di Pasar Sadang Serang Terhindar dari Kebakaran Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti diketahui, Pasar Sadang Serang mengalami kebakaran, Jumat 4 Agustus 2023. Menurut informasi yang dihimpun Humas Kota Bandung, kebakaran mulai muncul sekitar pukul 18.23 WIB.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung telah mengerahkan 13 unit pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran yang beralamat di Jalan Masjid An'Nur No. 9, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung tersebut.

Menurut laporan terakhir yang diterima Humas Kota Bandung, tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Adapun lapak atau jongko yang terbakar telah mencapai 170 lapak. Saat ini pula, api sudah berhasil dipadamkan dan proses pendinginan sudah selesai.

3. Polisi bakal lakukan penyelidikan penyebab kebakaran

Sebuah Musala di Pasar Sadang Serang Terhindar dari Kebakaran Kebakaran di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung.

Sementara itu, Polisi dari Polrestabes Bandung bakal melakukan proses penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung. Penyelidikan dilakukan usai pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran rampung.

"Itu sudah pasti. Setiap ada kebakaran pasti akan dilaksanakan sumber apinya dari mana, asalnya apa, apakah ada kesengajaan atau tidak," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Budi Sartono.

Penyelidikan dilakukan dengan melibatkan unsur terkait seperti pemerintah daerah hingga pengurus pasar. Hingga kini, seperti diketahui, proses pendinginan masih dilakukan oleh petugas untuk memastikan tak ada lagi titik api.

"Anggota belum bisa masuk sampai pemadam kebakaran menyatakan sudah clear, baru kita bisa masuk untuk melaksanakan olah TKP," ucap dia.

Baca Juga: Pemkot Siapkan Lahan Bagi Pedagang Sadang Serang yang Kiosnya Terbakar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya