Ridwan Kamil-Bonge Resmikan Rawa Kalong saat Nakes Demo di Gedung Sate

Nakes gagal bertemu dengan Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi nama yang dipanggil ratusan tenaga kerja kesehatan (nakes) honorer ketika melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jumat(5/8/2022). Mereka ingin bertemu Emil untuk menyampaikan keluhan atas status sebagai honorer nakes.

Sayangnya permintaan bertemu Emil tak terwujud. Sebab hari ini Emil berada di Kota Depok meresmikan revitalisasi Situ Rawa Kalong. Tak sendirian, Emil ditemani model viral Citayam Fashion Week, Eka Satria Saputra alias Bonge.

Keduanya berjalan di atas floating bridge (jembatan terapung) Situ Rawa Kalong hingga ke pusat atau Alun-alun jembatan terapung berwarna biru sambil diiringi musik yang tengah hit.

Dengan gaya khasnya mengenakan blazer dan topi, Bonge berjalan sambil melambaikan tangan kepada warga yang menyaksikan peresmian tuntasnya revitalisasi situ senilai Rp20 miliar tersebut. Ridwan Kamil pun terlihat tak kalah gaya dengan pembawaan model viral tersebut. Ridwan Kamil tampil elegan berjalan dengan gaya kasual kemeja putih yang dibalut rompi dan topi laken putihnya.

Hadirnya Bonge pada peresmian Situ Rawa Kalong tak dipungkiri menjadi daya tarik kemeriahan peresmian situ. Ridwan Kamil menuturkan, hadirnya Bonge, pemuda 17 tahun tersebut memastikan pihaknya tidak pilih-pilih sosok yang diajak turut menyukseskan program pemerintah.

"Siapa pun bisa kita ajak asal berikan pesan-pesan positif. Kalau Bonge hari ini viral karena ekpresinya. Kalau (Bonge dinilai) kurang, kita arahkan ke yang baik, kalau sudah baik, ya, disempurnakan," kata Emil melalui siaran pers dikutip IDN Times, Jumat (5/8/2022).

1. Ajak warga jaga kebersihan di tempat ini

Ridwan Kamil-Bonge Resmikan Rawa Kalong saat Nakes Demo di Gedung SateDok Pemprov Jabar

Emil meneruskan pesan-pesan Bonge yang meminta warga turut menjaga kebersihan Situ Rawa Kalong. Selain itu menjaga ketertiban, membuang sampah pada tempatnya dan menerapkan protokol kesehatan.

"Tuh kan (pesan-pesannya) bagus. Kami tidak pilih-pilih (siapa yang harus dilibatkan) karena Bonge sekarang lagi didengar, jadi Bonge dipilih," ujarnya..

2. Habiskan Rp20 miliar untuk perbaikan

Ridwan Kamil-Bonge Resmikan Rawa Kalong saat Nakes Demo di Gedung SateIlustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp20 miliar selama tiga tahun, Pemda Provinsi Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

Kini, situ seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman dan menyenangkan. Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik.

Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemda Provinsi Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

"Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini," kata Emil.

3. Dulunya hanya dipakai untuk irigasi sawah dan tempat mancing

Ridwan Kamil-Bonge Resmikan Rawa Kalong saat Nakes Demo di Gedung SateGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Forkopimda Kota Depok secara simbolis membunyikan angklung sebagai tanda diresmikan Situ Rawa Kalong, Kecamatan Cimanggis, Jawa Barat. (IDNTimes/Dicky)

Sebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga. Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya.

"Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok," ujarnya.

Menurunya, yangpaling istimewa dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau. Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

Baca Juga: Ratusan Honorer Nakes di Jabar Demo Tuntut Diangkat Jadi ASN

Baca Juga: Begini Potret Ratusan Nakes Honorer Gelar Demo di Depan Gedung Sate 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya