Comscore Tracker

Resmi Jadi Wali Kota Bandung, Yana Janji Bangun Underpass Cibiru

Pembangunan ini mandeg saat jaman Ridwan Kamil jadi wali kota Bandung

Bandung, IDN Times - Yana Mulyana telah resmi menjadi Wali Kota Bandung setelah dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Senin(14/4/2022). Dia sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) usai menggantikan Oded M Danial yang meninggal dunia.

Usai pelantikan, Yana berterima kasih kepada semua pihak khususnya warga Kota Bandung. Dia pun akan berusaha bekerja dengan penuh integritas dalam melayani masyarakt dengan prinsip keadilan.

Untuk program yang utama selama menjabat hingga 2023, Yana ingin membenahi infrastruktur transportasi. Salah satunya adalah mengurangi beban kemacetan di kawasan Cibiru.

"Kami akan selesaikan flyover Kopo, segera membuka gerbang tol KM 149, (pembangunan) underpass Cibiru, hingga (pembangunan) fyover Kiaracondong-Buahbatu. Kita terus membicarakan transportasi publik berbasis kereta dengan banyak pihak," kata Yana, Senin (18/4/2022).

1. Pembangunan flyover Kopo rampung April 2022

Resmi Jadi Wali Kota Bandung, Yana Janji Bangun Underpass CibiruBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Setelah menanti lebih dari satu tahun, akhirnya pembangunan Flyover Kopo di Jalan Raya Soekarno-Hatta, Kota Bandung akan segera rampung.
Sampai sekarang, flyover yang mulai dibangun sejak November 2020 ini sudah mencapai progres lebih dari 80 persen. Pengerjaan pun ditargetkan selesai pada April 2022.

Saat ini masih ada beberapa persoalan yang perlu diselesaikan terkait pembangunan flyover ini. Salah satunya pembebasan lahan milik warga yang berada di sekitar timur flyover.

Dalam pembangunan flyover ini bukan hanya tentang kelancaran arus lalu lintas, tapi juga keamanan akses masuk dan keluarnya.

Percepatan flyover ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas jalan yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

2. Segera lakukan langkah agar perekonomian Bandung tumbuh

Resmi Jadi Wali Kota Bandung, Yana Janji Bangun Underpass Cibiruilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times)

Di tengah pandemik COVID-19, Pemkot Bandung di bawah arahan Yana ingin membangun perekonomian yang lebih baik tahun ini. Pandemik yang sudah menyerah sejak 2020 membuat kondisi pendapatan masyarakat anjlok.

Maka, perlu gebrakan agar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) bisa kembali normal dan berdampak pada perbaikan ekonomi seccara keseluruhan.

"APBD segera dilakukan mendorong daya beli masyarakat agar ada pertumbuhan ekonomi," kata dia.

3. Target angka pertumbuhan di atas 5,5 persen

Resmi Jadi Wali Kota Bandung, Yana Janji Bangun Underpass CibiruIlustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Yana memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung di angka 5,5 persen pada 2022. Hal ini mengacu pada target pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat yang berkisar di angka 5 persen.

"Menariknya, Kota Bandung itu biasanya di atas Provinsi (angka pertumbuhan ekonominya). Jika target Pak Gubernur 5 persen, maka kami proyeksikan (pertumbuhan ekonomi) di Kota Bandung berkisar di angka 5,5 persen," ucapnya optimis.

Baca Juga: Rekam Jejak Yana Mulyana, Wali Kota Bandung yang Baru Dilantik

Baca Juga: Yana Mulyana Sah Jadi Wali Kota Bandung 2022-2023

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya