Comscore Tracker

Relawan Jokowi-Ma'ruf di Jabar Gelar Syukuran Pelaksanaan Pemilu 2019

Kegiatan diramaikan dengan pawai kebudayaan

Bandung, IDN Times - Ratusan relawan Jokowi-Ma'ruf Amin menggelar syukuran pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di Nu Art Sculpture Park, Kamis (25/4). Syukuran ini diramaikan dengan berbagai parade kebudayaan dari berbagai daerah.

Salah satu relawan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, I Nyoman Nuarta mengatakan, kegiatan ini bukanlah syukuran atas keunggulan Jokowi-Amin berdasarkan hasil hitung cepat maupun penghitungan komisi pemilihan umum (KPU).

"Kita merasa bersyukur karena kita telah melaksanakan pemilu dengan begitu rumitnya dengan sukses. Artinya ini berjalan lancar dan tidak ada masalah serius," ujarnya.

Meski demikian, TKD Jabar ikut berbelasungkawa atas meninggalkan lebih dari 100 orang panitia dalam pemilu 2019.

1. Pertahankan kebudayaan dalam negeri

Relawan Jokowi-Ma'ruf di Jabar Gelar Syukuran Pelaksanaan Pemilu 2019IDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan berakhirnya pelaksanaan pencoblosan dalam pemilu, I Nyoman Nuarta berharap masyarakat mampu mempertahankan kebudayaan yang akhir-akhir ini mulai tergerus dan kembali cinta pada kebudayaan dalam negeri ketimbang dengan kebudayaan asing yang memiskinkan.

"Kita harus berpegang dengan budaya yang beranekaragam. Sekarang banyak masyarakat yang tidak sayang lagi dengan kebudayaan kita," papar dia.

Menurutnya, kebudayaan selama ini menjadi salah satu sektor yang bisa memperkaya Indonesia dalam hal devisa. Walaupun kelihatannya sepele tapi pariwisata dalam negeri sejauh ini justru terdongkrak karena kebudayaanya.

2. Suara Jokowi-Amin di Jabar mampu diamankan

Relawan Jokowi-Ma'ruf di Jabar Gelar Syukuran Pelaksanaan Pemilu 2019IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Ketua Rumah Kerja Relawan Jokowi-Amin, Ipong Witono berterima kasih kepada seluruh relawan karena dapat menjaga suara pasangan nomor 01 tidak kalah telak. Meskipun terbilang dapat rapor merah karena suara tidak jauh dibandingkan lima tahun lalu. Meski demikian, hal ini berhasil membuat perolehan suara secara nasional aman.

"Kita mampu membuat suara Jabar tidak diambil (Prabowo-Sandiaga)," paparnya.

Ipong pun berharap kemenangan sementara saat ini bisa bertahan hingga Jokowi-Amin dilantik secara resmi. Setelah itu seluruh relawan harus terus bekerja sama untuk membangun Indonesia khususnya Jabar kembali seperti dulu sesuai dengan warisan leluhur tanah parahyangan.

3. Syukuran juga dilakukan sehari sebelumnya

Relawan Jokowi-Ma'ruf di Jabar Gelar Syukuran Pelaksanaan Pemilu 2019IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, pada Rabu (24/4) malam, relawan Jokowi-Amin yang tergabung dalam Gerakan Wadyabalad Jokowi (GWJ) juga menggelar syukuran di Cafe Lentera. Bedanya syukuran ini tidak ingin disebut sebagai selebrasi atas kemenangan sementara Jokowi-Amin dalam pemilu 2019.

"Ini syukuran atas terselenggaranya Pemilu 2019 yang aman dan lancar. Kita bersyukur segala tahapan KPU berjalan aman,” kata Ketua GWj Aat Soeratin, kepada wartawan saat penyelenggaraan syukuran tersebut.

Menurutnya, GWj sejauh ini masih menunggu hasil penghitungan secara resmi yang dilakukan oleh KPU hingga menanti penetapan presiden dan wakil presiden terpilih. sebab dalam berbagai tahapan pemilu pasti membutuhkan proses. Dan syukuran ini sebenarnya lebih kepada rasa terimakasih atas tahapan pemilu khususnya pencoblosan yang telah selesai.

"Yang terpenting adalah situasi dan kondisi secara nasional dan Jawa Barat dalam keadaan aman dan kondusif," ujarnya.

Meski demikian, GWJ tetap akan mengawal proses pemilu sampai menghasilkan keputusan terbaik untuk masyarakat Indonesia. GWj berprinsip ingin menang dengan hasil yang memang nyata. Jika memang ditakdirkan kalah maka kekalahan ini akan diterima secara terhormat.

Sementara itu, Ketua Harian GWJ Jabar, Tonton mengatakan, pihaknya mengadakan syukuran setelah 300 anggotanya melakukan aktivitas selama berbulan-bulan. Para relawan ini masuk ke desa-desa dan kecamatan untuk mengkampanyekan Jokowi.

“Setelah selesai, setelah pencoblosan, kita istirahat seminggu, sekarang kita gelar syukuran atas penyelenggaraan pesta demokrasi di negeri ini berjalan aman,” ujarnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 08:30:03

Progress: 765.282 dari 813.350 TPS (94.09012%)

Just For You