Ratusan Ucapan Duka Cita Wafatnya Emmeril Terpampang di Gedung Pakuan

Pelayat keluar masuk gedung pakuan sambangi keluarga Emil

Bandung, IDN Times - Puluhan pelayat silih berganti datang ke Gedung Pakuan. Mereka mengaji dan mengucapkan belasungkawa kepada Ridwan Kamil dan Atalia atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz. Bukan hanya kolega dan kerabat dekat saja yang datang ke rumah dinas ini, masyarakat yang ada di Kota Bandung pun datang masih memadati area dalam dan luar Gedung Pakuan.

Selain memberikan ucapan belasungkawa, para pelayat juga menuliskan sebuah note kecil di salah satu sudut gedung. Mereka menuliskan berbagai macam tulisan yang ditujukan ke Ridwan Kamil, Atalia, dan Emmeril.

Salah satunya dilakukan Andi, seorang warga Kota Bandung yang ikut mengaji di teras Gedung Sate. Dia menuliskan note kecil untuk Ridwan Kamil dan Keluarga.

"Saya turut sedih dengan kejadian ini. Pak Emil sudah pernah menjadi Wali Kota Bandung dan sekarang menjadi Gubernur. Kepemimpinan beliau sangat memberikan dampak bagi masyarakat.

Ratusan Ucapan Duka Cita Wafatnya Emmeril Terpampang di Gedung PakuanIDN Times/Debbie Sutrisno

Dari pantauan IDN Times, beragam tulisan tertulis dari note kecil di tembok ruangan sebelah kiri Gedung Pakuan. Mulai dari orang tua hingga anak muda menulisan rasa belasungkawa pada note tersebut.

"Selamat jalan Aa. Pertemuan kita mungkin sesaat, tapi kenangan Aa selalu ada bersama kami," tulis Ilona.

"Emil sahabatku sing sabar sareng tawakal. Insya Allah ananda Eril khunsul khatimah," tulis Edwin.

Sebelumnya, cucu Pendiri NU KH. Ghozi Wahab Hasbullah menyampaikan belasungkawa secara langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (5/6/2022).

Dalam takziah tersebut, KH. Ghozi Wahab Hasbullah meminta Emil tidak berduka secara berlarut-larut. Sebab, anak merupakan titipan dari Allah SWT dan Eril wafat dalam keadaan syahid ukhrowi.

"Pak Ridwan Kamil tidak boleh berduka berlebih-lebihan karena Eril itu milik Allah, dan wafatnya pun syahid ukrowi. Orang yang tenggelam wafatnya, wafat, syahid ukrowi," kata KH. Ghozi Wahab Hasbullah.

"Pemuda Indonesia siap menjadi putranya, Pak Ridwan Kamil," imbuhnya.

Adapun Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima ungkapan belasungkawa secara langsung dari sejumlah tokoh, pejabat dan masyarakat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, pada Sabtu (4/6/2022) dan Minggu (5/6/2022).

Suasana haru menyelimuti acara yang juga diisi dengan doa bersama dan salat gaib untuk almarhum putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Sejumlah Bupati/ Wali Kota di Jabar, para pejabat, dan masyarakat berdatangan ke Gedung Pakuan selama dua hari tersebut.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya