PPKM Level 4, Pedagang ITC Kebon Kelapa Bandung Mulai Buka Lapak

Mal boleh buka khusus daerah di PPKM Level 3

Bandung, IDN Times - Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bandung mulai buka usai Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memastikan akan relaksasi untuk sektor ekonomi dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Salah satu pusat perdagangan yang mulai membuka tokonya adalah International Trade Center (ITC) Kebon Kalapa, Kota Bandung. Dari pantauan IDN Times, terlihat sejumlah pedagang mulai membuka tokonya. Mereka pun membersihkan etalase yang berdebu setelah lama tidak digunakan.

Keramaian sudah terlihat dari pagi sekitar pukul 10.30 WIB. Beberapa pembeli pun sudah masuk ke ITC dan berbelanja seperti jual beli emas atau pakaian.

1. Disdagin Bandung belum izinkan mal untuk buka

PPKM Level 4, Pedagang ITC Kebon Kelapa Bandung Mulai Buka LapakPedagang ITC Bandung mulai membuka toko. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Elly Wasliah mengatakan, untuk ITC dan Pasar Baru masuk dalam kategori mal meski keduanya merupakan pusat perbelanjaan yang berbeda dengan mal pada umumnya.

Untuk itu, ITC Kebon Kelapa seharusnya tidak bisa buku seperti biasa. Jika memang ada karyawan yang berada di toko diperbolehkan ketika mereka mengambil barang dan berjualan secara daring (online).

"Jadi boleh jualan online. Di toko hanya boleh karyawan maksimal tiga orang. Sedangkan ITC dan Pasar Baru tempatnya masih tutup, itu masuk kategori mal," ujar Elly saat dihubungi, Senin (26/7/2021).

2. Pasar Baru sudah pasti tutup hingga 2 Agustus

PPKM Level 4, Pedagang ITC Kebon Kelapa Bandung Mulai Buka LapakKondisi Pasar Baru yang ditutup hingga 2 Agustus 2021 akibat PPKM Level 4 di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Yusuf Setiawan selaku PJS Project Head Pasar Baru mengatakan, pihaknya tidak bisa membuka Pasasr Baru karena sesuai arahan dari pemerintah di mana pusat perbelanjaan yang berada di Level 4 tidak boleh buka untuk masyarakat umum.

Dia menilai selama ini pada pedagang salah memprepsikan bahwa Pasar Baru bukan mal. Alhasil pedagang merasa sudah seharusnya buka per hari ini.

"Jadi tetap kita instruksi menunggu Perwal.
Kami hanya pelaksana kebijakan bukan pengambil kebijakan, jadi kita tunggu keputusan. Posisi Pasar Baru masih tetap tidak dibuka untuk sementara," ujar Yusuf.

3. Mal bisa buku untuk daerah dengan kategori PPKM Level 1 hingga Level 3

PPKM Level 4, Pedagang ITC Kebon Kelapa Bandung Mulai Buka LapakKondisi Tunjungan Plaza saat hari pertama usainya PSBB, Selasa (9/6). IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan beberapa pelonggaran dalam perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa dan Bali. Pelonggaran lebih luwes juga diberikan pemerintah pada daerah yang termasuk wilayah PPKM Level 3.

Beberapa ketentuan di wilayah PPKM Level 3 di antaranya berkaitan dengan operasional mall yang diperbolehkan buka kembali.

"Kegiatan di pusat perbelanjaan, mal, pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen sampai dengan pukul 17.00 waktu setempat," kata Luhut, dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7/2021).

Luhut menambahkan, untuk PPKM Level 3 bakal diterapkan di 33 kabupaten dan kota yang ada di Jawa serta Bali. Hal itu sejalan dengan keputusan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial. Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021," ujar Jokowi.

Adapun, perpanjangan PPKM Level 4 diputuskan Jokowi dengan melihat tren perbaikan penanganan COVID-19 sampai sekarang.

"Laju penambahan kasus, Bed Occupation Rate, dan positivity rate mulai menunjukan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa, namun demikian kita harus tetap berhati-hati dan waspada," ujar Jokowi.

Baca Juga: Bos KADIN Usul Pengunjung Mal Tunjukkan Sertifikat Vaksin di Masa PPKM

Baca Juga: [BREAKING] Khusus Wilayah PPKM Level 3, Mal Boleh Buka Sampai Jam 5 Sore

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya