Polisi Mulai Lakukan Sistem One Way Tol Palimanan Menuju Jakarta

One way dilakukan hingga tengah malam 

Bandung, IDN Times - Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kemacetan kendaraan yang terpantau mulai padat di ruas tol Cipali pada Kamis (5/5/2022). Berdasarkan hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR ( volume capacity Ratio ) sebesar 1,19.

Di samping itu dari data arus lalu lintas hari Rabu tanggal 4 Mei 2022 dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami peningkatan signnifikan

Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol. Romin Thalib mengatakan, melalui pemantauan CCTV baik yang ada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital, terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari Timur menuju ke arah Barat. Kemudian berdasarkan pantauan anggota dilapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Mendasari hal tersebut, maka demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, Polda Jabar akan memberlakukan rekayasa lalu lintas one way," kata Romin, Kamis (5/5/2022).

1. Diberlakukan dari siang sampai malam

Polisi Mulai Lakukan Sistem One Way Tol Palimanan Menuju JakartaIlustrasi - Kepadatan kendaraan pemudik akibat pertemuan off ramp arah Cikampek Jalan Tol Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah KM 48 di Karawang, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Menurutnya, sistem one way akan diberlakukan pada hari ini mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 24.00 WiB. Di mulai dari GT Palimanan utama Km188 hingga km 72 Cikampek. Dilanjutkan contra flow hingga tol Jakarta Cikampek km 47 dan Kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur.

Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa oneway akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada, namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalin oneway akan ditingkatkan dari GT Palimanan utama Km 188 sd tol Jakarta Cikampek km 47 ( tanpa relaksasi ) dan diperpanjang waktunya.

Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi / pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway ( jam 09.00 ) setelah itu rekayasa lalin oneway akan dimulai pukul 11.00 wib.

"Setelah pelaksanaan oneway pukul 24.00 wib akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan oneway ( 02.00 ) setelah itu jalur akan dibuka secara normal," tuturnya.

2. Puncak arus balik diprediksi mulai tanggal 6 Mei

Polisi Mulai Lakukan Sistem One Way Tol Palimanan Menuju Jakarta(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022. Oleh karena itu, Jokowi mengimbau warga kembali ke tempat asal lebih awal atau setelah puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara, yang melakukan perjalanan pribadi agar kembali lebih awal, atau kembali setelah puncak arus balik," ujar Jokowi dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," sambungnya.

3. Pemerintah masih tetap larang truk masuk jalan tol selama periode arus balik

Polisi Mulai Lakukan Sistem One Way Tol Palimanan Menuju JakartaIlustrasi truk. IDN Times/Gideon Aritonang

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, sejumlah skenario seperti ganjil genap di jalan tol, sistem satu arah juga akan diterapkan selama periode arus balik. Hal itu dilakukan untuk kenyamanan masyarakat.

"Larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," katanya.

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kendaraan yang keluar dari Jabodetabek melalui sejumlah tol mencatatkan angka tertinggi selama mudik Lebaran 2022. Dari periode H-10 sampai H-1 Lebaran, ada 1,7 juta mobil yang keluar dari Jabodetabek menuju tiga arah, yakni (Trans Jawa dan Bandung), Barat (Merak) dan Selatan (Puncak).

Baca Juga: One Way Cipali-Cikampek, Menhub: Bisa Kurangi Kepadatan Arus Balik

Baca Juga: One Way Mulai Berlaku Hari Ini, dari Tol Palimanan hingga Cikampek

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya