Polisi Dalami Pemakaian Uang Siswa SMA 21 yang Diambil Pegawai Travel

Uang yang dipakai lebih dari Rp350 juta

Bandung, IDN Times - Kepolisian masih mendalami penggunaan uang siswa SMAN 21 Kota Bandung yang digelapkan oknum pegawai travel. Dana sebesar Rp368.750.000 yang semestinya dipakai untuk study tour justru dipakai untuk keperluan oknum tersebut.

"Uang itu sudah digunakan untuk kepentingan pribadi, buat biaya hidup. Sementara ini masih mengumpulkan saksi, belum ada pengakuan uangnya kemana," ungkap Kapolsek Buahbatu, Kompol Rizal Jatnika saat dihubungi, Minggu (28/5/2023).

1. Uang ditransfer secara bertahap

Polisi Dalami Pemakaian Uang Siswa SMA 21 yang Diambil Pegawai TravelIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengaku terus mengembangkan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan dengan berkoordinasi dengan bank mengecek aliran dana tersebut. Termasuk mengecek nama-nama yang menerima uang itu.

Kapolsek mengatakan dana study tour itu ditransfer sekolah ke pelaku secara bertahap. "Sampai sekarang masih bungkam karena terjadinya itu (transfer) bertahap Rp20 juta, Rp30 juta," ungkap dia.

Ia menambahkan, suami dari pelaku baru mengetahui bahwa uang study tour dibawa kabur saat peristiwa itu viral di media sosial. Diketahui, suami dari pelaku merupakan bagian dari PT Grand Traveling Indonesia.

"Suaminya tahu pas terjadi laporan polisi. Tadinya tahun 2018, PT GTI suaminya di sana lancar (study tour) ke Bali, tahun 2019 dipakai lagi namun dibatalkan karena COVID-19," kata dia.

2. Serahkan rencana study tour dari suami ke pelaku

Polisi Dalami Pemakaian Uang Siswa SMA 21 yang Diambil Pegawai Travelilustrasi study tour atau widyawisata (pexels.com/Lê Minh)

Pada awal bulan Mei, suami dari pelaku yang rencana mengurus study tour SMAN 21 batal sebab tengah sibuk. Ia pun menyerahkan penanganan study tour ke istrinya.

"Suaminya marah dengan peristiwa ini tapi perlu pembuktian, (apakah suaminya tahu atau tidak)," ucap dia.

3. Pelaku masih bungkam atas kasus ini

Polisi Dalami Pemakaian Uang Siswa SMA 21 yang Diambil Pegawai TravelIlustrasi borgol. Dok. IDN Times

Saat ini, pelaku ditahan di lapas wanita di Sukajadi. Sedangkan pihak sekolah tetap akan memberangkatkan siswa-siswa untuk Study Tour.

Kapolsek mengaku harus berhati-hati melakukan pemeriksaan dalam kasus tersebut sebab berkaitan dengan institusi pendidikan dan guru.

"Semua masih pada bungkam, penanganan harus hati- hati dunia pendidikan," jelas dia.

Baca Juga: Ratusan Siswa SMA 21 Bandung Kena Tipu Jasa Travel, Ratusan Juta Raib

Baca Juga: Tips Hindari Penipuan Berkedok Loker PT Pegadaian

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya