Comscore Tracker

Pertanian Jabar Manfaatkan Teknologi Seperti Drone untuk Sebar Pupuk 

Yuk anak muda jangan takut untuk jadi petani

Bandung, IDN Times - Sektor pertanian di Jawa Barat didorong memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan lahan agar mendapat nilai ekonomi tinggi. Pengembangan digitalisasi pertanian ini tengan diinisiasi perusahaan BUMD Jabar, PT Agro Jabar yang bekerjasama dengan PT Pindad.

Penandatangan kesepakatan bisnis ini dilakukan Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose dan Direktur Utama PT Agro Jabar Kurnia Fajar di acara West Java Investment Summit (WJIS) 2021.

Kurnia Fajar mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Pindad dalam pengembangan teknologi pertanian ini bisa meningkatkan kesejahteraan petani Jawa Barat ke depan.

Dalam kerjasama ini, Agro Jabar memesan alat-alat pertanian dari mulai traktor sampai penelitian pada peralatan pertanian yang masih import. “Pindad membantu kami membuat mesin-mesin ini menjadi costum, disesuaikan dengan tantangan wilayah Jawa Barat,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Inovasi produk pertanian yang dikembangkan Pindad memungkinkan wajah pertanian Jawa Barat berubah lebih modern. Seperti memberi pupuk memakai drone, ada juga alat tanam dan panen, hingga pasca panen pihaknya memesan mobile dryer.

1. Sistem ini akan menggandeng BUMN kabupaten/kota

Pertanian Jabar Manfaatkan Teknologi Seperti Drone untuk Sebar Pupuk Ilustrasi lahan pertanian (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Alat-alat pertanian Pindad ini menurutnya akan dipraktikan di wilayah pertanian Jawa Barat yang lebih massif. Seiring kerja sama tersebut, pihaknya juga menjalin kesepakatan dengan 7 BUMD antara lain di Sumedang, Karawang, hingga Cianjur yang menjadi reseller produk-produk tersebut lewat pembentukan UPJA.

“Jadi ini adalah kolaborasi sesuai visi dan misi gubernur berkolaborasi dengan semua pihak. BUMD daerah juga diuntungkan karena tidak perlu modal, cukup komunikasi dengan stakeholder para petani dan penyuluh memakai teknologi milik Agro Jabar, nanti skemanya bisa bagi hasil,” tuturnya.

2. Pembiayaan pertanian akan didapat dari BJB

Pertanian Jabar Manfaatkan Teknologi Seperti Drone untuk Sebar Pupuk Ilustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam WJIS kali ini, Agro Jabar juga menjalin kesepakatan pembiayaan dengan BJB. Menurutnya, lewat kerja sama ini maka petani yang menggunakan teknologi buatan Pindad bisa dimudahkan oleh skema pembiayaan yang ringan.

“Bagaimana caranya pembiayaan itu dimudahkan. Jadi petani menggunakan teknologi ini terasa murah, tidak lagi harus membeli alat-alat atau mesin pertanian yang mahal, tapi perbankan menyediakan fasilitas kredit, yang terjangkau para petani,” katanya.

3. Anak millennial harus banyak yang jadi petani

Pertanian Jabar Manfaatkan Teknologi Seperti Drone untuk Sebar Pupuk Petani Cabai. (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Sementara itu, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan bahwa Provinsi Papua Barat memiliki potensi besar sebagai daerah produsen utama komoditas pertanian di Indonesia Timur. Untuk diketahui, di Papua Barat terdapat 11 ribu hektare lahan jagung, serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura.

Presiden Jokowi juga meminta untuk mengubah sistem tanam dari yang satu kali tanam dalam setahun menjadi dua atau tiga kali setahun. Hal ini, menurutnya, agar kebutuhan pangan bisa disiapkan dari tanah Papua sendiri.

"Saya juga mengajak kepada petani-petani millennial untuk diberikan kesempatan sebagai motor penggerak di sektor pertanian ini," kata Presiden Jokowi saat melakukan tanam jagung bersama petani di Kelurahan Klamasen Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021).

Presiden meyakini jika petani millennial diberikan kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di Papua Barat. 

"Saya tadi juga melihat penggunaan teknologi pertanian, kemudian juga akan diberikan akses untuk modal usaha, juga irigasi cacingnya akan diperbaiki oleh Kementerian Pertanian dan juga pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan teknologi pertanian," ungkap Presiden.

Baca Juga: Angkat Pertanian Modern, Jurnalis IDN Times Raih PLN Journalist Award

Baca Juga: Lahan Pertanian Bandung Utara Kian Rusak, Pemerintah Disalahkan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya