Comscore Tracker

Pergi Bertani, Warga Lembang Temukan Bom Mortir Sisa Perang Dunia II

Penemukan bom mortir di Bandung Barat bukan yang pertama

Bandung, IDN Times - Sebuah bahan peledak jenis mortir yang diduga sisa Perang Dunia II ditemukan warga di Kampung Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, mortir tersebut pertama kali ditemukan oleh warga setempat pada saat sedang bertani di belakang pemukiman warga, Minggu (23/1/2022).

"Mendengar laporan penemuan mortir oleh masyarakat Perwira Jaga Piket Mako Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pengamanan di lokasi tersebut begitu ada laporan temuan mortir masuk." kata Ibrahim.

1. Polisi gerak cepat lakukan penanganan

Pergi Bertani, Warga Lembang Temukan Bom Mortir Sisa Perang Dunia IIIDN Times/Istimewa

Ibrahim menyebut, setelah temuan bahan peledak jenis apapun kepolisian langsung melakukan penanganan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Hingga sekarang mortir masih berada di titik penemuan, tapi lokasi sekitar sudah disterilisasi.

"Kami menindaklanjuti dengan amankan tempat penemuan bahan peledak atau bom tersebut dan kami langsung menghubungi Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jabar yang lebih mengetahui tentang Bom," ujarnya.

2. Warga diimbau melapor jika ada temuan baru

Pergi Bertani, Warga Lembang Temukan Bom Mortir Sisa Perang Dunia IIBom mortir zaman penjajahan ditemukan di bawah jembatan kereta api di Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Dia pun mengimbau kepada warga agar segera melapor jika menemukan benda mencurigakan. Selain itu, jangan melakukan dahulu aktivitas di sekitar lokasi penemuan di takutkan terjadi penemuan barang-barang sisa perang dunia ke II

"Kepada warga sekitar lokasi temuan maupun wilayah desa diimbau agar tidak mendekat sambil menunggu tim Jihandak dari Sat Brimob Polda Jabar untuk melakukan evakuasi bom tersebut," kata Ibrahim.

3. Bom serupa ditemukan di Ciburuy

Pergi Bertani, Warga Lembang Temukan Bom Mortir Sisa Perang Dunia IIIDN Times/Yogi Pasha

Sebelumnya, Warga kampung Cikadu, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), digegerkan adanya penemuan peluru mortir. Penemuan tersebut terjadi di sekitar perairan Situ Ciburuy pada Kamis, 11 November 2021 sore.

Peluru mortir ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga setempat saat mencari ikan di perairan tersebut. Tanpa disangka-sangka, peluru mortir berwarna kuning masuk dalam perangkap jaring ikan miliknya.

"Saya lagi menjala ikan tiba-tiba ada yang nyangkut. Tahunya ada benda ini (mortir)," ujar Dani (59 tahun), warga setempat penemu peluru mortir, Kamis (11/11/2021).

Setelah ada benda asing yang terjaring, Dani mencoba meraba-raba jalanya. Setelah menemukan mortir tersebut, Dani buru-buru mengangkatnya ke daratan.

"Langsung lapor pak RW. Kemudian ada dari anggota datang dan mengamankan," katanya.

Saat ini, sejumlah aparat sudah berjaga di sekitar lokasi penemuan. Garis polisi juga dibentangkan untuk membatasi kerumunan warga.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya