Penerbangan Jet dari Husein Dipindah, Ini Potensi Rute yang Beroperasi

Presiden minta pesawat jet turun di Bandara Kertajati

Bandung, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memastikan bahwa penerbangan pesat besar (jet) yang selama ini beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, dipidah ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Pemindahan ini rencananya mulai dilakukan pada akhir Oktober 2023.

Lantas bagaimana fasilitas Bandara Husein ke depannya?

Executive General Manager Bandara Husein Saatranegara Indra Crisna Sepurta menuturkan, pemindahan ini memang bukan isu baru karena pemerintah sudah berencana menerapkannya sejak jauh-jauh hari. Dengan demikian nantinya hanya pesawat tipe propeler saja yang bakal mengudara di Bandara Husein.

Menurunya, saat ini penerbangan dari dan ke Bandung sebenarnya sudah mengalami peningkatan setelah ikut anjlok akibat pandemik COVID-19. Era 2018 sampai 2019 penerbangan di Husein per harinya sampai 87 kali dengan penumpang hingga 10 ribu. Setelah itu turun seiring pandemik menjadi hanya 18 penerbangan sehari pada titik terendah.

Kemudian per Juli 2023 jumlah penerbangan ini sudah alami kenaikan menjadi 19 pesawat dengan jumlah orang datang capai 2.540 per harinya.

"Jadi pertumbuhan sebenarnya sudah ada karena melebihi saat kemarin pandemik," kata Indra, Rabu (12/7/2023).

1. Cari alternatif penerbangan agar Bandara Husein tetap hidup

Penerbangan Jet dari Husein Dipindah, Ini Potensi Rute yang Beroperasi(Bandara Husein Sastranegara) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Menurutnya, penerbangan jet dari Bandung memang memberikan dampak signifikan karena bepergian ke daerah yang diminati masyarakat seperti Denpasar, Kualanamu, Balikpapan, Palembang, hingga Banjarmasin.

Ketika semua penerbangan tersebut dipindah ke Kertajati, Indra pun bakal memutar otak mencari penerbangan yang memungkinkan ke Kota Bandung. Pada periode 2019-2020 beberapa penerbangan pesawat ATR berangkat ke Surabaya, Halim, Yogyakarta, Semarang, Solo, Palembang, Jami, Bengkulu, dan Padang.

Ke depannya, saat semua penerbangan pesawat jet dipidah, maka rute tersebut yang paling memungkinkan dimanfaatkan masyarakat.

"Potensi-potensi itu yang masih tetap terbang karena moverment (pergerakan) cukup bagus ada sekitar 40 pesawat datang dan pergai setiap harinya," ujar Indra.

Meski demikian, semua penerbangan ini kembali menjadi hak perusahaan penerbangan (airlines). Sebab mereka yang memiliki pasar dan tahu bagaimana mengoptimalkan penerbangan Bandara Husein yang selama ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk masyarakat berwisata di Bandung dan Jawa Barat.

2. Pemkot Bandung siapkan langkah antispasi penurunan jumlah wisatawan

Penerbangan Jet dari Husein Dipindah, Ini Potensi Rute yang BeroperasiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung rencana Pemerintah Pusat yang akan memindahkan seluruh penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai Oktober mendatang.

Untuk itu juga, Pemkot Bandung akan menyiapkan langkah-langkah adaptif agar kunjungan wisatawan ke Kota Bandung tetap tinggi.

"Kita yang di bawah pasti akan mendukung kebijakan Pemerintah Pusat," kata Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna.

3. Rencana pemindahan tidak bisa menyenangkan semua pihak

Penerbangan Jet dari Husein Dipindah, Ini Potensi Rute yang BeroperasiPresiden Jokowi meninjau Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (dok. Sekretariat Presiden)

Ema mengaku, rencana kebijakan tersebut mungkin tidak dapat menyenangkan seluruh pihak. Namun ia memastikan Kota Bandung harus bisa beradaptasi dengan rencana keputusan tersebut.

"Saat ini mungkin tidak menyenangkan semua pihak, tapi perlahan nanti pasti menyesuaikan. "Konon katanya paling telat 2 jam (perjalanan dari BIJB Kertajati ke Kota Bandung). Saya pikir, Kota Bandung tidak akan semua hilang. Siapapun juga akan mulai beradaptasi dengan rencana ini," ata dia.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Rampung, Menhub: Penerbangan di Kertajati Meningkat

Baca Juga: Perdana, Jemaah Calon Haji Terbang dari Bandara Kertajati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya