Pemprov Jabar Janji Segera Bangun BRT Urai Kemacetan Bandung Raya

Bus rapid transit rencananya akan disiapkan di lima daerah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan sejumlah daerah di kawasan Bandung Raya kembali menginisiasi untuk membangun transportasi massal yang bisa menghubungkan lima daerah, yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang.

Rencananya, pengembangan Angkutan Massal Berbasis Jalan atau Bus Rapid Transit (BRT) akan digaungkan di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pengembangan BRT akan dibantu Kementerian Perhubungan.

Transformasi massal ini dinilai paling tepat untuk mendukung pengembangan ekonomi pelayanan dasar melalui pembangunan infrastruktur perkotaan, dan memenuhi kebutuhan angkutan orang di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung.

"Pergerakan orang di lima daerah ini ada sekitar 10 juta penduduk yang bermukim di lima daerah itu," kata Setiawan melalui siaran pers dikutip Jumat (5/3/2021).

1. Berharap bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi

Pemprov Jabar Janji Segera Bangun BRT Urai Kemacetan Bandung RayaSekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. Dok. Humas Jabar

Menurut Setiawan, dengan adanya kesepakatan bersama dan kolaborasi, pengembangan dan pengelolaan BRT akan berjalan optimal. Ia berharap keberadaan BRT dapat mengurai kemacetan dan mengurangi polusi.

"Dalam pengelolaan yang sifatnya lintas itu betul-betul harus ada kerja sama dengan baik. Tidak hanya masalah transportasi, tetapi juga air bersih, sampah, dan apapun yang terkait Cekungan Bandung pastinya harus dikelola secara bersama," tuturnya.

2. Transportasi massal lain seperti LRT juga tengah disiapkan

Pemprov Jabar Janji Segera Bangun BRT Urai Kemacetan Bandung RayaANTARA FOTO/Galih Pradipta

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Ahmad Yani mengatakan, pengembangan BRT menjadi komitmen pemerintah pusat untuk memperbaiki sistem angkutan umum secara keseluruhan.

"Nanti ada LRT segala macam yang sudah disiapkan dan dikembangkan oleh Pemerintah Jawa Barat. Itu juga saya yakin akan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan sistem transportasi secara menyeluruh, khususnya di Cekungan Bandung ini," ucapnya.

3. BRT ditarget selesai pada 2023

Pemprov Jabar Janji Segera Bangun BRT Urai Kemacetan Bandung RayaIDN Times / Aan Pranata

Setelah penandatangan kesepakatan, kata Ahmad, pihaknya akan membuat persiapan untuk menyusun lini masa dan detail pelaksanaan pembangunan BRT. BRT diharapkan selesai pada 2023 dan dapat terintegrasi dengan angkutan yang sudah ada di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung.

"Yang paling penting adalah nanti integrasi dengan moda lain, dengan kereta, kereta cepat, dan lain sebagainya, itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya