Pemberangkatan Haji dari BIJB Masih Gunakan Embarkasi Bekasi

Tak ada bedanya berangkat dari Soetta atau BIJB ko

Bandung, IDN Times - Kemeneterian Agama telah memastikan jamah haji yang berasal dari Jawa Barat akan berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Meski demikian, menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, pemerintah memutuskan embarkasi jemaah haji masih menggunakan asrama haji yang ada di Kota Bekasi.

"Kan masih berproses (asrama haji Indramayu). Tapi pemberangkatan gak terhalangi proses jadi embarkasinya masih di Bekasi pake bus dari Bekasi tahun ini," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Selasa (14/1).

1. Waktu tempuh dari Bekasi ke BIJB sama dengan Bandara di Soetta

Pemberangkatan Haji dari BIJB Masih Gunakan Embarkasi BekasiIDN Times/Andra Adyatama

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari mengatakan, embarkasi haji yang berada di Bekasi dan pemberangkatan di BIJB tak jadi soal dalam masalah waktu tempuh. Berdasarkan hasil hitungan, perbedaan waktu tempuh dari Bekasi ke BIJB dan Bekasi ke Cengkareng, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) hanya 45 menit perjalanan saja.

"Ya lebih jauh ya relatif. Itu hitungan kalau dua-duanya lancar dari Bekasi ke Kertajati dan Bekasi ke Soekarno Hatta kalau dua-duanya tanpa macet itu bedanya 45 menit lebih cepat ke Soekarno-Hatta kan jaraknya lebih pendek," paparnya.

Namun, kata dia, kalau dengan kemacetan di Jakarta bisa saja ke Soekarno Hatta menjadi lebih lama. Rencananya, jemaah haji asal Jabar 26 Juni akan mulai berangkat dari Kertajati.

2. Simulasi pemberangkatan haji dari BIJB sudah dilakukan

Pemberangkatan Haji dari BIJB Masih Gunakan Embarkasi BekasiIDN Times/Kemenag Sulsel

Hery menjelaskan, dia bersama Menteri Perhubungan sudah melakukan simulasi. Mulai dari simulasi di biometrik untuk melihat kondisi asrama di Bekasi, penggunaan bus selama perjalanan hingga beberapa kegiatan lain yang berhubungan dengan pemberangkatan haji.

"Malah kemarin dikawal tidak cukup maksimal karena cuma satu yang mengawal. Kalau dikawal dua kendaraan maka bisa lebih cepat lagi. Kemungkinan selisih 20-30 menit dari pada ke Soekarno Hatta. Jadi ga ada bedanya," paparnya.

3. Perpindahan akses bandara tidak berdampak pada ongkos haji

Pemberangkatan Haji dari BIJB Masih Gunakan Embarkasi BekasiIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Hery pun memastikan jemaah perpindahan bandara untuk memberangkatkan haji tidak akan berdampak pada ongkos naik haji masyarakat Jabar. Terlebih saat ini pemerintah sudah melakukan subsidi ketika ada kenaikan sehingga tidak akan membebankan jemaah.

"Tugas kami, Pemprov Jabar lebih kepada pematangan BIJB. Semua fasilitas disiapkan dengan harga yg mungkin lebih rendah dari pada Soekarno Hatta misalnya airport tax, dan sebagainya masih lebih rendah," katanya.

Di sisi lain, maskapai haji yang digunakan biasanya untuk Jabar adalah Saudi Airlines Jabar dan sudah diikat dari awal. Otoritas Saudi Arabia pun, sudah melakukan survei ke BIJB.

"Pokoknya, Jokowi sudah perintah tidak mau tidak 2020 harus dari Kertajati. Kan Jabar paling banyak jemaah tapi perjalanan jauh dan uang masuknya ke daerah lain," katanya.

Baca Juga: Akhirnya BIJB Jadi Embarkasi Keberangkatan Umrah dan Haji di Jabar

Baca Juga: Menag Optimistis Kuota Haji 2020 Bisa Naik Jadi 231 Ribu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya