Lukisan Baru Hiasi Tembok Babakan Siliwangi Bandung

Pengerjaan karya ini rampung dalam dua minggu

Bandung, IDN Times - Tembok di sepanjang kawasan Babakan Siliwangi, Kota Bandung, kembali dihiasi lukisan. Kali ini, lukisan bertema Journey of Happines bisa dinikmati masyarakat yang melintas di sekitaran jalan tersebut.

Seniman John Martono menjadi orang dibalik lukisan ini. Dari pantauan IDN Times, lukisan mulai dicat oleh pekerja dari dinas pekerjaan umum (PU). Lukisan itu tambak seperti gelombang yang dicat dengan warna cerah.

Saat dihubungi, John mengaku bahwa lukisan itu nantinya tidak akan terlalu meriah. Sengaja dibuat hanya bergelombang dari bagian atas sampai ke bawah menuju sungai Cikapundung.

"Konsepnya lebih ke kebahagiaan. Ini saya dapatkan setelah 20 tahun berkarya ingin memberikan perasaan bahagia ketika orang melihat sebuah karya," ujar John saat dihubungi, Jumat (1/10/2021).

Meski setiap orang punya perbedaan pendapat pada setiap karya seni, John berharap siapapun yang melihat lukisan ini bisa menginspirasi mereka untuk ikut berkarya.

1. Warna lebih cerah selaraskan dengan lingkungan

Lukisan Baru Hiasi Tembok Babakan Siliwangi BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Jika dilihat dengan seksama, terdapat empat warna utama yang digunakan untuk lukisan di tembok kali ini. Warna tersebut adalah hijau, biru, ungu, dan kuning.

John mengatakan, permaianan warna yang digunakan untuk karyanya kali ini sengaja tidak dibuat banyak. Awalnya dia ingin memperbanyak warna hijau guna menyelaraskan dengan kawasan Babakan Siliwangi.

Namun, karena takut terlalu monoton, maka warna hijau dipadupadankan dengan corak warna lain agar ada tekanan dalam lukisan tersebut.

"Untuk pengejaannya oleh kontraktor. Mudah-mudahan bisa selai dalam dua minggu ke depan," ungkap John.

2. Jangan kotori fasilitas publik

Lukisan Baru Hiasi Tembok Babakan Siliwangi BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Seni lukisan jalanan seperti ini sangat banyak di Kota Bandung. Di berbagai sudut kota termasuk yang menjadi fasilitas publik kerap ada lukisan mural yang terpampang.

Pun di tembok Babakan Siliwangi selama ini menjadi salah satu tempat muralis maupun tidak menggabar berbagai macam hal. Dengan adanya lukisan baru di kawasan ini, John sangat berharap tidak ada pihak manapun yang merusaknya dalam waktu dekat.

"Ya mudah-mudahan tidak ada yang corat-coret yah. walaupun kemarin kita baru nge-blok tembok sudah ada saja yang mencoret," kata dia.

3. Berharap ada tembok curhat

Lukisan Baru Hiasi Tembok Babakan Siliwangi BandungIDNTimes/WayanAntara.

Untuk meminimalisir aksi vandalisme atau pencoretan di tempat lainnya, John meminta Pemkot Bandung menyediakan fasilitas khusus yang bisa disebut sebagai tembok curhat. Tembok ini nantinya bisa digunakan seniman atau siapapun untuk mencurahkan semua pemikirannya dalam tembok tersebut.

Untuk lebih terfasilitasi, melukis tembok itu juga bisa dijadwal. Sehingga tidak ada saling timpa atau menghilangkan karya orang yang sudah dibubuhkan.

"Kalau sudah dibuat kan bisa didokumentasikan. Mungkin setelah ada tembok ini dua tahun sekali bisa dikatalogkan dan membuat masyarakat di daerah lain tertarik buat hal serupa," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya