Comscore Tracker

Lima Saung Energi Tenaga Surya Mejeng di Taman Tegallega Bandung

Diam di taman bisa sampil isi baterai handphone

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mendapat bantuan pembangunan saung atau tempat duduk dengan atap di area Taman Tegallega. Uniknya, saung ini memiliki tempat pengisian baterai untuk ponsel dan lampu yang listiknya berasal dari energi surya.

Setidaknya ada lima saung yang dibangun di area ini yang merupakan bantuan dari PT Len Industri (Persero) dan anak perusahaannya, PT Surya Energi Indotama (SEI) kepada Pemerintah Kota Bandung.

Indarto Pamoengkas mengatakan, PT Len dan SEI akan memberikan 10 unit saung tenaga surya. Saat ini telah terpasang sebanyak 5 unit di Taman Tegallega, dan 5 unit lainnya akan menyusul.

"Kelima saung tersebar antara lain 2 titik di area Monumen Bandung Lautan Api, 2 titik di Lampions Park, dan 1 titik di area kolam renang Tirta Lega," ujarnya, Rabu (19/1/2022).

1. Setiap saung hasilkan 408 WH per hari

Lima Saung Energi Tenaga Surya Mejeng di Taman Tegallega BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, masing-masing saung dalam sehari mampu menghasilkan energi listrik sebesar 408 Watt Hour (WH) yang akan disimpan dalam baterai berkapasitas 700 WH. Energi tersebut digunakan untuk lampu penerangan taman dan dapat dimanfaatkan pengunjung taman melakukan pengisian daya (charging) handphone dan alat elektronika lainnya.

Dengan ditempatkannya saung tenaga surya di taman-taman Kota Bandung tidak saja dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berkunjung ke taman. Selain bermanfaat untuk pengunjung dalam pengisian baterai, tempat ini juga bisa dipakai berteduh dan bersantai.

"Juga akan menambah keindahan taman kota sekaligus salah satu bentuk edukasi pemanfaatan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan. Sehingga diharapkan masyarakat semakin tahu, peduli dan akan berusaha untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan dalam kehidupan kesehariannya," ungkap Indarto.

2. Manfaat saung ini bisa digunakan sepanjang hari

Lima Saung Energi Tenaga Surya Mejeng di Taman Tegallega BandungIDN Times/Istimewa

Menurut Direktur Utama PT SEI, Bambang, pembangunan fasilitas ini menjadi penyemangat untuk terus berkarya nyata menjadikan energi surya dapat dimanfaatkan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat di manapun, kapan pun dan oleh siapa pun.

Kota Bandung dengan julukannya Kota Kembang "Paris van Java" atau Paris dari Jawa termasuk kota wisata yang memiliki banyak taman kota. Taman-taman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan maupun warga Kota Bandung sebagai tempat hiburan, terutama saat di akhir pekan.

"Saung tenaga surya Len dan SEI merupakan buah karya anak bangsa yang memadukan budaya tanah Priyangan, berupa saung sebagai tempat berteduh, dengan teknologi modern berupa energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," ujarnya.

3. Sumber energi terbarukan harus dibangun di banyak tempat

Lima Saung Energi Tenaga Surya Mejeng di Taman Tegallega BandungIDN Times/Istimewa

Pelaksana tugas Wali Kota Bandung Yana Mulyana berterimakasih dengan pemberian saung bertenaga suraya. Pembangunan fasilitas seperti ini memperlihatkan adanya tekad dari semua pihak untuk beralih menggunakan energi terbarukan.

"Inovasi seperti ini harus mulai dipikirkan karena membuat energi terbarukan seperti memakai panel surya kecil dengan daya tampung besar bisa menjadi sumber energi yang bagus. Mungkin nantinya bisa juga dimanfaatkan di perkantoran," kata dia.

Yana berharap teknologi seperti di saung ini bisa dikembangkan dan ada kerja sama lainnya dengan pemerintah kota dalam hal teknologi bagi kebermanfaatan masyarakat.

Dia pun berjani fasilitas publik seperti ini harus dijaga dan dirawat agar tidak ada tangan jahil yang merusaknya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya