Layanan Vaksinasi di Puskesmas Bandung Tetap Buka saat Libur Lebaran 

Yuk segera dapatkan booster biar badan kita tetap sehat

Bandung, IDN Times - Layanan vaksinasi di Puskesmas yang beroperasi 24 jam di Kota Bandung tetap buka pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah ini. Sedangkan Puskesmas yang selama ini melayani masyarakat tidak 24 jam hanya tutup pada tanggal merah.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional pada Dinkes Kota Bandung, Teti Hendriani mengatakan, saat ini di Kota Bandung terdapat lima Puskesmas yang beroperasi 24 jam yaitu, Puskesmas Ibrahim Adji, Puter, Cipamokolan, Padasuka dan Puskesmas Garuda.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga menyediakan pos vaksinasi di 19 pos yang terdiri dari 7 pos lapangan, 7 pos statis, dan 5 pos di tempat wisata. Posko ini akan dibuka H-7 sampai H+7 Lebaran.

"Pos lapangan kita ada di Gedung Merdeka, Rest Area KM 147, Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong dan Taman Cikapayang," kata dia, Rabu (26/4/2022).

1. Pelayanan kesehatan juga diberikan di tempat wisata

Layanan Vaksinasi di Puskesmas Bandung Tetap Buka saat Libur Lebaran IDN Times/Galih Persiana

Sementara untuk tempat wisata Dinkes Bandung juga membuka posko di antaranya di Kebun Binatang, Kiara Artha Park, Saung Angklung Udjo, TSM, dan Kolam Renang Karang Setra. Pembukaan pos ini dimulai pada 3 hingga 10 Mei ketika masa liburan berlangsung.

Di setiap pos, kata dia, disediakan 50 dosis vaksin, baik dosis pertama, kedua maupun booster. "Mudah mudahan pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik, sehari 50 dosis vaksin di setiap pos," katanya.

2. Masyarakat diharap bisa segera mendapatkan vaksin booster

Layanan Vaksinasi di Puskesmas Bandung Tetap Buka saat Libur Lebaran ilustrasi vaksinasi booster (pexels.com/gustavo-fring)

Ia pun mengimbau bagi masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin, terlebih untuk masyarakat yang akan melakukan mudik. Karena ada beberapa aturan di mana masyarakat bakal lebih mudah bepergian ketika sudah mendapatkan suntikan vaksin ketiga.

"Lebih baik divaksin daripada tidak, jangan pas mau berangkat baru divaksin. Minimal 2 hari sebelumnya," ujarnya," kata dia.

3. Capaian vaksin booster di Bandung sudah 30 persen

Layanan Vaksinasi di Puskesmas Bandung Tetap Buka saat Libur Lebaran Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Saat ini, capaian vaksin di Kota Bandung sudah mencapai 113 persen untuk vaksin dosis pertama, 103 persen untuk dosis kedua dan 30 persen yang telah mendapatkan vaksin booster.

Agar mudik sehat dan aman, ia mengimbau, masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan dan pola istirahat. Selain itu, menjaga rotokol kesehatan harus tertib dilakukan.

"Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan hindari dulu untuk bersalam salaman," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya