Comscore Tracker

Klaster DPRD Jabar, 7 Wakil Rakyat Terkonfirmasi Positif COVID-19

Peralihan dari PSBB ke AKB berdampak pada peningkatan kasus

Bandung, IDN Times - Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat memastikan bahwa penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19) sudah sampai di kantornya. Berdasarkan hasil tes swab pada 12 Agustus 2020, setidaknya ada 38 pegawai yang berada di DPRD Jawa Barat (Jabar) positif terpapar virus ini.

Dari jumlah tersebut, ada tujuh anggota dewan yang ikut terpapar. Sedangkan, sisanya yakni sembilan orang dari pegawai negeri sipil (PNS) dan 22 pegawai non-PNS.

"Untuk mereka yang merupakan anggota DPRD saat ini menjalani isolasi di rumah masing-masing," ujar Taufik dalam konferensi pers, Sabtu (15/8/2020).

1. Selain anggota dewan jalan isolasi di Gedung BPSDM, Kota Cimahi

Klaster DPRD Jabar, 7 Wakil Rakyat Terkonfirmasi Positif COVID-19ilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sementara untuk PNS dan non-PNS yang terpapar mereka mayoritas melakukan isolasi di gedung BPSDM, Kota Cimahi. Pemantauan akan dilakukan semaksimal mungkin sehingga dalam 14 hari ke depan mereka bisa dinyatakan sembuh.

Sembari melakukan isolasi, tim dari gugus tugas provinsi sudah menjalankan pelacakan khususnya kepada keluarga semua pegawai yang terpapar. Termasuk ke mana saja mereka dalam beberapa hari ke belakang dan bertemu dengan siapa saja.

Rencananya untuk keluarga pegawai yang terpapar akan menjalani tes swab secara serentak pada Selasa (18/8/2020).

"Saya ingatkan kembali agar bisa lebih disiplin. Kita bisa lihat sekarang di mana-mana ada terpampang bagaimana cara mencegah (penularan COVID-19) seperti mencuci tangan, (menggunakan) masker, dan jaga jarak," kata Taufik.

2. Jangan malas untuk terapkan protokol kesehatan

Klaster DPRD Jabar, 7 Wakil Rakyat Terkonfirmasi Positif COVID-19pexels.com/@shvetsa

Dia menegaskan, selama ini masyarakat memang mulai bosan dalam menerapkan protokol kesehatan. Padahal itu mudah dan bisa meminimalisir agar setiap orang bisa terhindar dari paparan COVID-19.

Masyarakat mungkin tidak terbiasa seperti menggunakan masker, makanya sering kali kita lihat di lepas ketika berada di ruang terbuka dan area publik. Taufik berharap kebosanan ini bisa segera hilang agar warga kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kemarin saja Presiden (Jokowi) ke sini dan mengingatkan agar bisa tetap memakai masker," kata dia.

3. Jangan lakukan kunjungan kerja ke daerah zona merah

Klaster DPRD Jabar, 7 Wakil Rakyat Terkonfirmasi Positif COVID-19unsplash.com/United Nations COVID-19 Response

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat mengingatkan para anggota dewan agar tidak terlebih dulu melakukan kunjungan kerja ke daerah yang masuk lama zona merah COVID-19. Sebab mobilitas ketika berada di luar kantor itu susah dikendalikan apalagi ketika bertemu masyarakat banyak.

"Ini sudah ada diskusi dan mohon untuk diberikan pengertian tidak masuk ke zona merah," papar Emil.

Dia menyebut, untuk penyebaran kasus COVID-19 di Gedung Sate dan Gedung DPRD Jabar kemungkinan banyaknya ketika mereka berada di luar tempat kerja. Misal, saat pulang dari kantor dan melakukan pertemuan dengan orang lain.

Baca Juga: DPRD Jabar: Kasus Secapa Harus Jadi Pelajaran Bersama 

4. Sulit mengkontrol orang di saat transisi dari PSBB menuju AKB

Klaster DPRD Jabar, 7 Wakil Rakyat Terkonfirmasi Positif COVID-19IDN Times/Humas Bandung

Emil menilai, peralihan dari masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB) memang memberikan dampak besar pada penyebaran kasus. Sebab, pergerakan masyararkat jadi semakin luas sehingga bisa bertemu dengan siapapun di manapun.

Maka, dia meminta agar setiap orang tetap menjaga protokol kesehatan yang telah dianjurkan. "Sekarang penyebaran virus bisa datang dari banyak orang, dan itu berbeda dengan kondisi di awal COVID-19," paparnya.

Baca Juga: Anggota Dewan Kena COVID-19, Aktivitas Kantor DPRD DKI Diperketat

Baca Juga: 38 Orang Positif Corona, Gedung DPRD Jabar Ditutup Selama 14 Hari! 

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya