Kabupaten Bandung Barat Jadi Favorit Tempat Wisatawan 

Tetap terapkan protokol kesehatan di tempat wisata ya guys

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat mencatat destinasi di 11 daerah yang menjadi favorit wisatawan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru. Di lokasi favorit wisatawan ini, Disparbud bersama pengelola industri pariwisata akan melakukan pengetesan COVID-19 untuk mengantisipasi lonjakan virus corona di saat libur akhir tahun.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan tiga daerah teratas yang menjadi sasaran wisatawan adalah Kabupaten Bandung Barat dengan 14 titik destinasi wisata, Bogor dan Kabupaten Garut masing-masing 11 titik destinasi wisata.

Sukabumi dan Cirebon dengan 9 titik destinasi wisata, disusul Kabupaten Bandung dan Kabupaten Kuningan dengan 8 titik destinasi wisata, Cianjur dengan 6 titik destinasi wisata, Kabupaten Subang 4 destinasi wisata dan terakhir Kabupaten Ciamis.

“Ini berdasarkan data yang kami himpun, KBB paling diminati karena banyak destinasi wisata alam. Wilayah pantai di Kabupaten Pangandaran pun masuk dalam spot yang diminati wisatawan dengan 17 ribu orang yang datang per tanggal 24 Desember kemarin. Data terbaru masih dalam proses,” kata dia saat dihubungi, Sabtu (26/12/2020).

1. Semua destinasi wisata diawasi secara ketat

Kabupaten Bandung Barat Jadi Favorit Tempat Wisatawan IDN Times/Istimewa

Dedi menyebut semua destinasi tersebut diawasi dengan ketat. Semua protokol kesehatan diterapkan dengan disipilin. Tak hanya itu, fasilitas pendukung seperti hotel pun masuk dalam daftar pemantauan ketat.

Ia pun meminta wisatawan dari dalam maupun luar daerah Jawa Barat yang ingin berlibur agar melengkapi diri dengan surat bebas COVID-19.

“Fasilitas Rapid tes antigen kami siapkan. Wisatawan dites secara acak. Ini juga sebagai antisipasi jika ada wisatawan yang terlanjur datang tapi tidak membawa surat lolos Covid-19,” ucap dia.

2. Pemkot Bandung mulai lakukan pengetesan di sejumlah hotel

Kabupaten Bandung Barat Jadi Favorit Tempat Wisatawan Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyebut pengetesan di Kota Bandung dilakukan di tempat yang ditempati atau dilintasi wisatawan. Di antaranya hotel dan terminal

Pada Sabtu ini, tiga hotel yang dijadikan titik pengetesan antara lain di Four Points yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Aryaduta Hotel di Jalan Sumatera, dan Best Western La Grande Hotel di Jalan Merdeka. Tes rapid antigen ditargetkan menyasar 40 wisatawan.

Sementara, tes rapid antigen yang dilakukan di terminal telah memasuki hari ketiga. Ahyani mengaku masih mengumpulkan laporan terkait ada atau tidaknya wisatawan yang reaktif corona.

3. Ada dua wisatawan yang sempat reaktif COVID-19

Kabupaten Bandung Barat Jadi Favorit Tempat Wisatawan Ilustrasi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Terpisah, hasil rapid test yang dilakukan di sejumlah titik destinasi Kabupaten Bandung, ada dua wisatawan asal Jawa Tengah yang reaktif berdasarkan rapid test antigen. Banyak pula wisatawan yang memutuskan tak masuk kawasan wisata karena enggan mengikuti rapid tes.

Salah satu lokasi yang menyelenggarakan rapid test antigen ada di Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali yang terbilang banyak destinasi wisata. Pemeriksaan itu digelar Polresta Bandung sejak 24 Desember kemarin.

"Sampai saat ini sudah ada dua yang reaktif," kata Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa melalui pesan singkat, Sabtu (26/12).

Di luar itu, ada 12 kendaraan wisatawan yang hendak menuju objek wisata namun diputarbalik polisi karena menolak dites rapid antigen dan tidak membawa surat hasil rapid antigen. Mereka didominasi wisatawan dari luar daerah.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya