Jenazah COVID-19 yang Dimakamkan di TPU Cikadut Naik 3 Kali Lipat

Penggali liang lahat sampai kewalahan

Bandung, IDN Times - Jenazah pasien COVID-19 yang meninggal dan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung, meningkat hingga tiga kali lipat. Peningkatan ini mulai terjadi seminggu ke belakang sejak 9 Juni 2021.

Pengelola Sarana dan Prasarana TPU Cikadut, Sudrajat mengatakan, sudah sepekan ini jumlah jenazah yang masuk ke TPU Cikadut setiap hari mencapai 10 hingga 20 pasien. Angka ini tinggi karena biasanya setiap hari hari hanya mencapai 5 pasien saja. Artinya kenaikan tersebut mencapai tiga sampai empat kali lipat.

"Biasanya ini siang ada tiga, kemudian malam 2. Sekarang siang saja kadang bisa sampai 18 orang," ujar Sudrajat saat ditemui di kantornya, Senin (14/6/2021).

1. Pegawai makam kewalahan dengan banyaknya jenazah harus dikuburkan

Jenazah COVID-19 yang Dimakamkan di TPU Cikadut Naik 3 Kali LipatIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan banyaknya jumlah jenazah yang harus dikuburkan setiap hari, lanjut Sudrajat, petugas penggali makam sampai kewalahan untuk membuat liang dan menutupnya. Bahkan, saat malam hari sempat ada penangguhan menguburkan jenazah untuk mempersiapkan liang lahat.

"Tapi diundur juga sebentar, malam itu juga tetap dikuburkan," papar Sudrajat.

Dia mengatakan, per hari ini, Senin (14/6/2021), hingga pukul 13.00 WIB sudah ada 9 jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut. Bahkan, tadi pihak dari RSHS pun sudah menelepon kembali menyebutkan akan mengirim jenazah.

2. Pegawai pemakaman didatangkan dari UPT lain

Jenazah COVID-19 yang Dimakamkan di TPU Cikadut Naik 3 Kali LipatIDN Times/Debbie Sutrisno

Karena jumlah pegawai yang terbatas, pihak TPU Cikadut mendapat bala bantuan dari unit pelaksana teknis (UPT) lainnya. Total sekarang sekitar 30 pekerja ada di Cikadut, mereka bekerja secara begiliran untuk menyediakan setidaknya 20 liang lahat.

"Mereka kan kerja untuk satu liang berdua. Jadi paling banyak sehari kita siapkan 20 liang," kata Sudrajat.

Hingga sekarang jumlah liang lahat yang digunakan mencapai 1.600. Sedangkan ketersediaan liang khusus COVID-19 di Cikadut mencapai 5.000.

3. Jumlah jenazah dimakamkan hingga 13 Juni sudah mencapai 155

Jenazah COVID-19 yang Dimakamkan di TPU Cikadut Naik 3 Kali LipatIDN Times/Debbie Sutrisno

Berikut data jumlah jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut:

Januari - 277

Februari - 158

Maret - 130

April - 127

Mei - 151

Juni - 155

Sudrajat mengatakan, untuk angka jenazah di bulan Juni terbilang sangat tinggi. Sebab baru sampai 13 Juni angkanya sudah 155. Sedangkan pada bulan-bulan sebelumnya angka tersebut adalah kumulatif per bulan.

"Sekarang kita baru pertengahan bulan, jadi masih mungkin naik (jumlah jenazah)," kata Sudrajat.

Baca Juga: Ramai Keluarga Pindahkan Jenazah di TPU COVID-9, Ini Kata MUI Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya