Comscore Tracker

Helikopter dan Motor Trail, Cara Distribusi Bantuan di Titik Terisolir

Masih banyak lokasi pengungsi warga yang sulit dapat bantuan

Bandung, IDN Times - Kepolisian berupaya memberikan bantuan secara merata kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur. Karena banyak warga yang terisolasi akibat akses yang sulit ditembus, aparat pun coba memaksimalkan pemakaian helikopter hingga sepeda motor trail.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menuturkan, hari ini pemberian bantuan menggunakan motor trail ke Posko Kadu Gede di Desa Wangunjaya, Cugenang. Di sana terdapat puluhan warga di antaranya 72 laki-laki, 64 wanita, dan 40 anak-anak.

"Kita distribusikan bantuan bagi warga yang terisolis," kata Ibrahim melalui siaran pers, Minggu (27/11/2022).

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pendistribusian bantuan untuk korban gempa menggunakan motor trail dilakukan di dua wilayah yang menjadi sasaran yakni di Kecamatan Cugenang dan Nagrak.

"Sebanyak 32 personel dan 32 sepeda motor trail membawa bantuan untuk korban gempa yang tidak terjangkau oleh mobil," kata Dedi.

Dedi menuturkan, pelepasan pendistribusian bantuan menggunakan motor trail dilakukan oleh Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bariza Sulfi. Adapun bantuan yang dibawa yakni sembako, tenda, selimut, alas tempat tidur dan perlengkapan masak dapur.

"Tim pendistribusian berangkat dari Polres Cianjur dan akan menuju ke pelosok-pelosok yang dimana warga korban gempa tak bisa diakses pakai mobil," katanya.

Pendistribusian bantuan, kata Dedi, akan terus dilakukan baik melalui jalur darat maupun udara. Hal ini dilakukan agar semua korban gempa dapat menerima bantuan.

"Polri akan terus berusaha mendistribusikan bantuan ke saudara-saudara kita korban gempa. Semoga semuanya dapat menerima dan bantuan ini dapat meringankan beban warga," ujarnya.

Sebelumnya, kepolisian juga melakukan pengiriman bantuan dengan menggunakan helikopter ke daerah tersolir, Kamis (24/11). Kebutuhan yang diserahkan hari ini, kata Dedi, terdiri dari pop mie 40 box, air mineral 10 box, terpal 11 pack, biskuit 200 pack, dan selimut 50 box.

“Polri bersama stakeholder lain akan terus berupaya memenuhi kebutuhan seluruh pengungsi, terutama di tempat-tempat terisolir,” tutur Dedi.

Selain memberikan bantuan, pemantauan daerah-daerah terisolir melalui jalur udara pun dilakukan. Daerah yang memang terisolir itu cenderung berada di dataran tinggi.

“Tim gabungan juga akan terus berusaha menjangkau lokasi-lokasi terisolir agar dapat mengevakuasi para korban,” ucapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya