Comscore Tracker

Hadiri Munas PPP, Ridwan Kamil Sebut Bisa Jadi Opsi Pengusung Pilpres 

Dukungan dari sejumlah partai mulai mengalir

Bandung, IDN Times - Pergerakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melenggangkan langkahnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sepertinya terus dilakukan. Dia mengatakan, saat ini masih mencari partai yang cocok dijadikan kendaraan politik.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masuk dalam opsi karena memiliki kedekatan dengan para pengurusnya. Terlebih partai ini pula yang mendukungnya ketika maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat.

"Seperti saya sampaikan saya sedang istikharah mencari partai. Mudah-mudahan di suatu hari di tahun depan bisa melabuhkan keputusan yang paling baik. Salah satu opsinya ke PPP, " kata dia Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama PPP di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021).

1. Maju dalam pilpres bergantung dukungan dari masyarakat

Hadiri Munas PPP, Ridwan Kamil Sebut Bisa Jadi Opsi Pengusung Pilpres IDN Times/Istimewa

Dia menuturkan, PPP memang menjadi partai yang ikut menyukseskan dirinya jadi Gubernur Jabar. Selain itu, Emil pun mengaku kenal baik dengan ketua umum partai berlambang Ka'bh ini.

Dia tidak menutup kemungkinan memutuskan untuk maju dalam kontestasi. Namun, semuanya bergantung dukungan yang diterima.

Hal itu pula yang membuat dia bersikap tahu diri. Meski komunikasi dengan beberapa partai dan tokoh politik terjaga, namun keputusan akhir maju dalam Pilpres 2024 tetap belum bisa dipastikan.

2. Ingin mengabdi bagi masyarakat

Hadiri Munas PPP, Ridwan Kamil Sebut Bisa Jadi Opsi Pengusung Pilpres Sumber Gambar: data.go.id

Selama berkarir di dunia politik Emil memang berjalan tanpa partai. Dua jabatan kepala daerah, Wali Kota Bandung dan saat ini Gubernur Jawa Barat diraih dengan status bukan kader partai manapun.

Meski demikian dia berupaya untuk berbakti pada masyarakat dengan kemampuan yang dimiliknya. "Kalau pintu terbuka ya tidak menolak. Tapi kalau tidak ada tidak masalah. Karena kepemimpinan itu bentuknya kebermanfaatan," Ia melanjutkan.

3. PPP masih menimbang akan mengusul siapa pada Pilpres mendatang

Hadiri Munas PPP, Ridwan Kamil Sebut Bisa Jadi Opsi Pengusung Pilpres Ilustrasi Partai PPP (Website/infopemilu.kpu.go.id)

Sementara itu, Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan hubungan politik dengan Ridwan Kamil sangat baik. Kepemimpinannya dengan Uu Ruzhanul Ulum yang merupakan salah satu kader PPP disebut memuaskan.

Di singgung mengenai sosok yang akan didukung, partai berlambang kabah ini terbuka dengan siapapun. Salah satu pertimbangan sebelum memutuskan adalah restu dari para kiayi dan ulama.

"Forum Munas kali ini tentu para kyai para ulama dan habaib di PPP sudah mengenal beliau dan forum ini akan menjadi modal bagi kami di DPP untuk nantinya mengambil langkah selanjutnya, menjaring lah," kata dia.

" Kriteria atau harapan dari para kyai dan ulama, PPP ingin ada sosok pemimpin ke depan ini yang mampu memberi ruang yang luas bagi kepentingan perkembangan keumatan," pungkasnya.

Baca Juga: PAN Undang Anies hingga Ridwan Kamil ke Bali: Cari Kecocokan

Baca Juga: PPP Isyaratkan Usung Ridwan Kamil Jadi Capres 2024, Ini Alasannya

Baca Juga: Menakar Langkah Ridwan Kamil untuk Maju Dalam Pilpres 2024

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya