Comscore Tracker

Gubernur Jabar Minta KCIC Perhatikan Keamanan Dalam Proyek KCJB

Pertamina siap pindahkan jalur pipa minyak

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) lebih memperhatikan aspek keamanan dan menjunjung standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku dalam pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor. Hal ini terkait insiden kebakaran pipa PT Pertamina penyalur BBM segmen Ujung Berung-Padalarang oleh kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated di Jalan Sukahaji Kota Cimahi samping jalur Tol Padalarang KM, Selasa (22/10).

"Saya minta atensi lebih (terhadap) SOP yang proporsional dan profesional. Proyek ini sangat ditunggu selesainya, tapi prosesnya harus dengan cara-cara yang tidak menimbulkan dinamika," kata Ridwan Kamil usai pertemuan dengan perwakilan PT Pertamina di Gedung Pakuan Kota Bandung, Kamis (24/10).

Atas kejadian ini, Ridwan pun kembali mengingatkan PT KCIC agar melakukan koordinasi dengan PT Pertamina ketika akan melakukan penggalian di sekitar area yang di dalamnya ada pipa minyak atau gas.

1. Komplain terhadap pembangunan kereta cepat tidak sedikit

Gubernur Jabar Minta KCIC Perhatikan Keamanan Dalam Proyek KCJBDok.Humas Jabar

Dalam waktu dekat, Ridwan Kamil pun akan mengundang perwakilan dari PT KCIC untuk membicarakan dinamika yang terjadi selama proses pembangunan proyek KCJB.

"Saya akan memanggil KCIC karena saya mendapat beberapa laporan tidak hanya urusan Pertamina, di titik-titik lain ada komplain. Saya kumpulkan (komplain) agar saya tegur (KCIC), supaya kejadian (kebakaran) ini tidak terulang lagi," ujar Ridwan.

Tak hanya KCIC, Ridwan juga berencana memanggil pemerintah daerah kabupaten/kota yang terkait dengan pembangunan proyek KCJB. Hal ini dilakukan untuk mengoordinasikan berbagai keluhan yang diutarakan masyarakat selama proses pembangunan.

2. Pertamina siapkan jalur baru untuk pipa minyak

Gubernur Jabar Minta KCIC Perhatikan Keamanan Dalam Proyek KCJBIDN Times/Bagus F

Dalam pertemuan ini, sejumlah perwakilan PT Pertamina hadir, di antaranya Sales Area Bandung Sylvia Grace Yuvena, Sales Branch Manager I Bandung Aris Irmi, Sales Branch Manager II Bandung Andrew Wisnu Wardana, dan Fuel Terminal Manager Bandung Group Bambang Supriyono.

Menurut Ridwan, dari hasil perbincangan, Pertamina memastikan sudah tidak ada lagi pipa Pertamina yang aktif di jalur yang dilalui proyek PT KCIC. Pertamina pun telah menyiapkan jalur pipa baru untuk menghindari proyek KCIC sebelum insiden kebakaran terjadi.

Sejauh ini PT Pertamina melaporkan telah melakukan upaya kontinjensi, mitigasi, dan monitoring dampak bencana ke masyarakat. Selain itu, PT Pertamina melaporkan bahwa pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya dipastikan aman.

"Pasokan BBM ke masyarakat sudah normal," ucap Ridwan.

3. PT KCIC siap perbaiki metode kerja

Gubernur Jabar Minta KCIC Perhatikan Keamanan Dalam Proyek KCJBIDN Times/Bagus F

Sebelumnya, Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra mengatakan, kebakaran yang terjadi pada pipa penyalur BBM Pertamina memang berada di lokasi proyek KCJB. PT KCIC pun meminta maaf kepada PT Pertamina dan masyarakat atas insiden yang yang terjadi.

"Kami akan bertanggungjawab terhadap kerusakan yang terjadi dan bekerja sama bersama segenap pihak yang berwajib untuk memulihkan keadaan segera dan memastikan kondisi di lapangan tidak terganggu.” kata Chandra Dwiputra melalui siaran pers, Rabu (23/10).

4. Pengerjaan proyek kereta cepat akan tetap berlanjut

Gubernur Jabar Minta KCIC Perhatikan Keamanan Dalam Proyek KCJBIDN Times/Hana Adi Perdana

Terlepas kejadian tersebut, PT KCIC memastikan pengerjaan proyek KCJB akan tetap berlanjut pada titik lainnya di sepanjang trase Jakarta-Bandung melalui peningkatan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan proyek. Terkait kejadian ini, PT KCIC akan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pembangunan proyek KCJB

"Kita juga akan meningkatkan pengawasan pada proses konstruksi terutama dari aspek safety," paparnya.

PT KCIC akan tetap berkoordinasi dengan Pertamina terkait dengan penanggulangan akibat kejadian ini. Untuk memastikan keamanan. Candra juga memastikan pihaknya tetap menjalankan pemantauan kondisi di lapangan dan menerapkan perimeter pengamanan di lokasi kejadian.

Baca Juga: PT KCIC Lakukan Investigasi Terkait Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi

Baca Juga: Gubernur Jabar Segera Kumpulan Kepala Daerah Terkait Piala Dunia U-20

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya