Gegera Listrik PLN Mati, Kereta Cepat Woosh Mogok di Bandung

PLN upayakan kejadian ini tidak akan terulang

Bandung, IDN Times - PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) membantah soal adanya informasi mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung yang mogok karena persoalan teknis kereta. Dari pengecekan yang dilakukan, kereta tersebut sempat berhenti karena aliran listrik dari PLN mati.

Adapun perjalanan kereta cepat Whoosh sempat terlambat selama 15 menit ketika melintas di wilayah Batununggal, Kota Bandung. Terdapat dua kereta yang tertahan yaitu Whoosh G1126 rute Tegalluar - Halim dan G1123 ruterute Halim - Padalarang.

"Seluruh sarana kereta cepat Whoosh yang beroperasi dalam kondisi andal serta laik operasi dan tercatat tidak pernah mengalami kerusakan sejak dilakukan uji coba hingga kini telah dioperasikan secara resmi," kata Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya dikutip IDN Times, Rabu (1/11/2023).

1. Koordinasi dengan PLN agar kejadian ini tidak terulang

Gegera Listrik PLN Mati, Kereta Cepat Woosh Mogok di BandungPenumpang Kereta Cepat Whoosh Baru Tiba di Stasiun Padalarang, KBB, Rabu (18/10/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Ia menjelaskan, penyebab perjalanan kereta cepat terhambat dikarenakan kendala suplai listrik dari PLN yang padam pada pukul 10.30 WIB di gardu listrik Kiaracondong-Gedebage.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang kereta cepat Whoosh atas kejadian ini. Menindaklanjuti hal tersebut, KCIC juga telah melakukan koordinasi bersama PLN untuk dilakukan evaluasi agar kejadian tidak terulang kembali," jelasnya.

2. PLN minta maaf atas kejadian tersebut

Gegera Listrik PLN Mati, Kereta Cepat Woosh Mogok di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

PLN UID Jawa Barat angkat bicara mengenai gangguan listrik yang menyebabkan terhambatnya perjalanan kereta cepat Whoosh. General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menuturkan, kemarin terjadi gangguan pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 150 kilovolt (kV) Kiaracondong-Gedebage.

Gangguan terjadi pada pukul 10.24 WIB pada Selasa (31/10/2023), namun 26 menit berikutnya atau pukul 10.50 WIB sistem kelistrikan sudah kembali dinormalkan.

Susiana menjelaskan, gangguan listrik itu turut berdampak pada operasional kereta cepat Whoosh G1126 rute Tegalluar-Halim dan G1123 rute Halim-Padalarang, serta sejumlah area di wilayah Bandung.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk gangguan kelistrikan yang terjadi kepada masyarakat dan juga KCIC," ucapnya.

3. Ada instalasi yang overheat akibat cuaca yang sangat panas

Gegera Listrik PLN Mati, Kereta Cepat Woosh Mogok di BandungLogo Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (IDN Times/Trio Hamdani)

Menurut Susiana, peningkatan suhu ekstrem dalam beberapa minggu terakhir menjadi penyebab komponen instalasi kelistrikan mengalami overheat dan terlalu panas.

"Upaya pencegahan kejadian serupa terus kami lakukan, pihak PLN dan KCIC pun telah melakukan koordinasi secara intensif," tuturnya.

Baca Juga: KCIC Ungkap Alasan Penumpang Whoosh Pilih Turun di Stasiun Padalarang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya