Comscore Tracker

DPRD Jabar Kawal Proses Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu Barat

Sudah ada lima daerah yang diajukan untuk pemekaran

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat ikut mengawal pengajuan otonomi baru untuk Bogor Timur dan Indramayu Barat. Dua daerah ini diajukan setelah sebelumnya ada tiga daerah juga didorong miliki otonomi daerah baru.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menekankan, setelah ditetapkannya Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) keputusan tersebut selanjutnya harus menjadi komitmen untuk ditindaklanjuti oleh kedua daerah tersebut.

Menurut Ineu proses perjuangan CDPOB tidak hanya berhenti sampai pada tahap ini, ada perjuangan selanjutnya di mana kondisi di pemerintah pusat masih melakukan moratorium pemekaran daerah.

"Proses-proses yang tadi disampaikan pada Paripurna harus menjadi komitmen teman-teman di Bogor Timur dan Indramayu Barat untuk tetap semangat dan konsisten menindaklanjuti dari keputusan Rapat Paripurna hari ini" ucap Ineu melalui siaran pers dikutip Minggu (18/4/2021).

1. Sudah ada lima daerah yang diajukan dalam CPDOB

DPRD Jabar Kawal Proses Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu Baratpetatematikindo.files.wordpress.com

Ineu menambahkan, usulan Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat melalui gubernur dan DPRD sudah secara prosedur dilaksanakan pembahasannya.

Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat menambah daftar CDPOB Jawa Barat. Setelah sebelumnya terdapat 3 daerah yaitu Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat  yang telah dinyatakan siap secara administrasi.

Sehingga saat ini Provinsi Jawa Barat telah mempersiapkan 5 CDPOB yang selanjutnya akan diserahkan kepada Pemerintah Pusat untuk ditindaklanjuti.

"Kemarin sudah tiga hari ini dua jadi 5 CDPOB di Jawa Barat ini mungkin dapat menjadi pembuka jalan. Sehingga ketika teman-teman menyiapkan diri untuk persiapan CDPOB, ketika moratorium ini dicabut setidaknya sudah siap dan ketika pembahasan dilakukan maka persiapan dan hal penting lainnya sudah disiapkan tentunya ini akan ditindaklanjuti," kata dia.

2. Pemprov Jabar pastikan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat

DPRD Jabar Kawal Proses Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu BaratPenandatanganan CDPOB baru Bogor Timur dan Indramayu Barat di Gedung DPRD Jabar. IDN Times/DPRD Jabar

Sebelumya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan, pengajuan CDPOB untuk mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan.

Dalam Pasal 33 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pembentukan daerah persiapan harus memenuhi persyaratan dasar dan persyaratan administratif.

Persyaratan dasar terdiri dari persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas daerah. Jika kedua persyaratan tersebut telah dipenuhi, kata Kang Emil, maka ia dapat mengusulkan pembentukan daerah persiapan kepada pemerintah pusat, DPR RI dan DPD RI.

"Kita kawal perjuangan di pusat, karena setelah ini, surat kami akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri dan Insya Allah lancar diajukan ke DPR dan DPD untuk disetujui. Jadi masih ada babak final, babak semifinalnya sudah selesai dari kami," ucapnya.

3. Jabar butuh pemekaran yang proposional dan adil

DPRD Jabar Kawal Proses Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu BaratIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Adapun Kabupaten Bogor Timur terdiri dari tujuh kecamatan, yakni antara lain Kecamatan Gunung Putri, Kecamatan Klapanunggal, Kecamatan Cileungsi, Kecamatan Sukamakmur, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Cariu, dan Kecamatan Tanjung Sari. Nantinya kecamatan yang akan menjadi ibu kota adalah Kecamatan Jonggol.

Sementara Kabupaten Indramayu Barat terdiri dari sepuluh kecamatan yakni Kecamatan Haurgeulis, Kecamatan Gantar, Kecamatan Kroya, Kecamatan Gabuswetan, Kecamatan Terisi, Kecamatan Kandang Haur, Kecamatan Bongas, Kecamatan Anjatan, Kecamatan Sukra, dan Kecamatan Patrol. Ibu kota berada di Kecamatan Kroya.‎

"Jawa Barat memang membutuhkan pemekaran yang proporsional dan adil. Saya ucapkan selamat kepada masyarakat di Bogor Timur dan masyarakat di Indramayu Barat," Emil.

Baca Juga: Setelah Bogor Barat, Pemekaran Bogor Timur dan Selatan Segera Menyusul

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya