Comscore Tracker

Disparbud Jabar Siapkan 20 Ribu Alat Rapid Test Periksa Wisatawan

Kalian yang berwisata ke Jabar akan rapid test

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) menyiapkan 20.294 alat rapid test antigen untuk memeriksa wisatawan yang datang ke 89 tujuan wisata. Pengetesan ini untuk mengantisipasi adanya klaster baru dari arus wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Disparbud Jabar Dedi taufik menuturkan, nantinya di kawasan wisata akan ada pemeriksaan hasil rapid test antigen. Jika wisatawan tidak mereka akan diminta tes terlebih dulu di kawasan wisata yang dikunjungi. Artinya wisatawan yang telah datang tidak lantas diminta pulang ketika tak membawa hasil pengetesan.

"Kalau ada wisatawan yang tidak bawa surat antigen, kami siapkan nanti diskrining ada rapid antigen di tempat wisata. Kalau terlanjur datang ke sini ya kita lakukan rapid yang di lapangan," ujar Dedi saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

1. Pengetesan juga dilakukan bagi mereka yang menginap di hotel

Disparbud Jabar Siapkan 20 Ribu Alat Rapid Test Periksa WisatawanDok. Pemkab Pati

Disparbud Jabar belum bisa memperkirakan berapa banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Jabar pada natal dan tahun baru kali ini seiring pandemik COVID-19. Maka pendistribusian alat rapid test antigen pun disebar termasu ke tempat penginapan/perhotelan.

Dengan demikian pengetesan tersebut juga berlaku bagi wisatawan yang hendak menginap di hotel. "Intinya harus membawa surat antigen, dan yang penting tetap pakai protokol kesehatna seperti pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan kapasitas dikurangi," kata dia.

2. Satgas juga bakal lakukan tes acak di rest area tol

Disparbud Jabar Siapkan 20 Ribu Alat Rapid Test Periksa WisatawanIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) akan melaksanakan pemeriksaan rapid test antigen bagi warga Jabar yang menuju Jakarta, maupun sebaliknya pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2020-2021. Pemeriksaan akan dilaksanakan di delapan rest Area Tol Cipularang dan Tol Cipali.

Kabar mengenai pemeriksaan itu tertuang dalam surat bernomor 2437/HUB.05.01/ Sekretariat yang diedarkan Satuan Pamong Praja Provinsi Jawa Barat tertanggal 22 Desember 2020. Surat tersebut ditandatangani Kasatpol PP Jabar Ade Afriandi.

"Pada tanggal 24 sampai 27 Desember 2020 dan tanggal 30 sampai 31 Desember 2020 akan dilaksanakan pemeriksaan gabungan sekaligus pemeriksaan rapid antigen dan swab secara masif kepada masyarakat serta pengunjung di beberapa titik Rest Area Tol Cipularang dan Tol Cipali," tulis surat tersebut.

3. Pengetesan dilakukan di delapan titik tempat peristirahatan

Disparbud Jabar Siapkan 20 Ribu Alat Rapid Test Periksa WisatawanIlustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Saat dikonfirmasi detikcom, Ade membenarkan akan adanya operasi gabungan tersebut. "Insya Allah akan ada (operasi gabungan)," kata Ade lewat pesan singkat, Rabu (23/12).

Pengecekan dan pengetesan ini rencananya dilakukan di ruas tol, yakni Cipularang dan Cipali. Untuk Tol Cipali akan berlangsungdi rest area 97, 57, 72A, dan 72B. Sedangkan untuk di Tol Cipali berjalan di rest area 86A, 86B, 101B, dan 102A.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya