Comscore Tracker

Di Bandung, Polisi Putar Balik Mobil Pemudik Berisi 13 Orang Asal DKI 

Banyak pekerja yang berusaha mudik dari Jabodetabek

Bandung, IDN Times - Banyak cara yang coba dilakukan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Di Bandung, anggota kepolisian dari jajaran Polsek Bandung Kidul berhasil mencegat 13 pemudik dari Jakarta yang hendak mudik. Yang mencengangkan, 13 orang ini berada dalam satu mobil jenis SUV secara bersamaan. 

Kejadian ini bermula saat anggota kepolisian yang berjaga di gerbang tol (GT) Buahbatu melihat ada kendaraan mobil dengan plat nomor B atau sekitar Jabodetabek. Karena curiga anggota kemudian meminta mobil berhenti dan langsung melakukan pemeriksaan. 

Kanit Lantas Polsek Bandung Kidul, AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, saat pintu mobil dibuka banyak orang yang berada di kendaraan tersebut. "Ada sampai 15 orang. Bahkan yang di jok depan saja itu samping supir ada 2 orang," kata Fierky saat dihubungi, Sabtu (23/5). 

1. Mereka pemudik dari Jakarta dan menyewa satu mobil bersama

Di Bandung, Polisi Putar Balik Mobil Pemudik Berisi 13 Orang Asal DKI Dok.IDN Times/Istimewa

Menurutnya, dari pemeriksaan petugas mayoritas pemudik ini rencananya ingin pulang ke Sumedang, Garut dan Ciamis. Mereka menyewa mobil secara bersamaan agar lebih murah.

"Kalau dari keterangan mereka itu pekerja proyek gitu. Karena ga ada pekerjaan makanya pulang dan sewa mobil barengan biar murah," papar Fierky.

2. Sudah dicegat di GT Cileunyi

Di Bandung, Polisi Putar Balik Mobil Pemudik Berisi 13 Orang Asal DKI Dok.IDN Times/Istimewa

Fierky menyebut, kejadian pencegatan mobil di GT Buahbatu terjadi pagi hari sekitar pukul 07.45 WIB. Dia mengatakan, supir yang merupakan warga Jakarta itu sebelumnya membawa mobil sampai ke GT Cileunyi. Namun di sana mereka pun ketahuan dan langsung diminta putar balik.

Karena nekat, supir pun mencari GT lainnya dan mencoba keluar di GT Buahbatu. Mendapati mereka adalah pemudik aparat yang bertugas juga meminta mobil dan pemudik memutar balik kembali ke Jakarta.

"Cuman gak tahu apakah mereka nanti coba keluar GT moch. Toha atau Kopo. Kan bisa saja mencoba lagi," paparnya.

3. Sudah banyak kendaraan diminta putar balik

Di Bandung, Polisi Putar Balik Mobil Pemudik Berisi 13 Orang Asal DKI IDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun sudah banyak kendaraan yang diputarbalik saat keluar tol di Bandung dan sekitarnya. Adapun kendaraannya dari travel, mini bus, hingga mobil sedan mewah dua pintu.

“Untuk di Buahbatu itu di bawah 1.000 di atas 500 kendaraan. Dari mulai travel, bis kecil, mobil sedan mewah. Alasannya mereka pada mau mudik,” ungkapnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya