Di Akhir Masa Jabatan, Ridwan Kamil Titip Jabar Hatrick Juara PON 2024

Pencarian atlet beprestasi harus dicari dari sekarang

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat optimistis provinsinya bisa kembali meraih juara dalam kejuaraan olahraga pada pekan olahraga nasional (PON) Aceh – Sumatera Utara yang akan digelar 2024. Hal itu merespons kejuaraan Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 di SPORT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (20/8/2023).

Emil menyebut, apabila para atlet Jabar berhasil juara di PON tahun depan maka menggenapkan kejuaraan PON yang diraih provinsi Jawa Barat.

“Kita ini provinsi terbaik di sektor olahraga. Juara PON berturut-turut ada di Jawa Barat, tahun 2021 kami juara di Papua. Hatrick tahun depan, target tahun depan di Aceh. Titip ke KONI (untuk) mempertahankan di PON Aceh dan Sumatera Utara, kalau tercapai genaplah sudah,” ucap Emil.

1. Butuh perhitungan matang untuk menjadi juara

Di Akhir Masa Jabatan, Ridwan Kamil Titip Jabar Hatrick Juara PON 2024Dokumen IDN Times

Menurutnya, sebagai pemimpin ia ada hitungannya sendiri mengapa meyakini para atlet di Jabar bisa meraih gelar juara. Hitungan tersebut bisa memprediksi apakah Jabar bisa menjuarai PON atau tidak dalam perhelatan yang diselenggarakan.

“Saya tipe pemimpin yang rasional. Mau menang di Papua, saya hitung betul. Sampai ketemu rumus (medali) emas yang paling gagal itu minimal harus berapa, maksimal berapa. Strateginya sama, kita hitung dulu kalau melawan lawan yang tidak setara, sambil daerah abu-abu kita push. Saya merasa yakin kita tetap juara umum,” sambungnya.

Adapun sebelumnya, Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar juara pada PON 2021 di Papua, yang sebelumnya juga diraih tahun 2016 di Bandung.

2. Cari bibit altet lewat berbagai kompetisi

Di Akhir Masa Jabatan, Ridwan Kamil Titip Jabar Hatrick Juara PON 2024maxmanroe.com

Perhelatan Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 sukses digelar di Kota Bandung. Tim voli Kharisma Bandung dan Alam Raya Ciamis berhasil keluar sebagai juara. Kharisma Bandung berhasil menang setelah mengalahkan Unili 77 Subang dengan skor meyakinkan 3 – 0. Sedangkan di nomor putra, Alam Raya Ciamis berhasil meraih gelar juara setelah pada partai puncak mengalahkan Madank Subang dengan skor 3 – 0.

Emil mengaku senang atas terselenggaranya kejuaraan cabang olahraga voli yang disponsori oleh brand minuman Kratingdaeng itu. Jawa Barat, menurutnya, merupakan provinsi terbaik di sektor olahraga Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan Jabar yang mempertahankan juara PON 2021 di Papua.

“Saat COVID-19, provinsi kita dengan jumlah warga mencapai 50 juta, yang meninggal 15 juta, dibandingkan provinsi lain, itu artinya relatif warga Jabar lebih sehat. Oleh karena itu, budaya bergerak, berkeringat, harus menjadi keseharian kita,” kata

Menurutnya, cabor voli adalah cabor ketiga yang paling diminati masyarakat. Hal itu terlihat setiap kali dia berkunjung ke daerah-daerah di Jabar, banyak warga yang memainkan cabang olahraga tersebut.

Melihat antusiasme yang bagus terhadap cabor voli, Emil meminta kepada pihak penyelenggara agar dipertahankan kejuaraan ini. Meski masa jabatannya akan berakhir dalam dua pekan lagi, ia berharap konsep kejuaraan Piala Gubernur bisa dilanjutkan.

“Walaupun saya tidak gubernur lagi, tolong dilanjutkan Piala Gubernurnya. Di zaman saya dicetuskan agar provinsi ini selalu cemerlang di olahraga,” ungkapnya.

3. Kompetisi untuk anak usia muda bisa jadi jalan lahirkan atlet berprestasi

Di Akhir Masa Jabatan, Ridwan Kamil Titip Jabar Hatrick Juara PON 2024Pasangan tim voli pasir putri Daerah Istimewa Yogyakarta 1, Yokebed Purari dan Maria Dwiningtyas (PB PON XX PAPUA/Muhamad Solihin)

Sementara itu, penyelenggaraan turnamen olahraga bola voli se-Jawa Barat ini terhitung menjadi kedua kalinya.
Berbagai pengembangan pun dilakukan dalam upaya pihak penyelenggara yakni PT Asia Health Energi Beverage untuk lebih terlibat dalam pembinaan prestasi pemuda yang salah satunya melalui olahraga.

Pada tahun kedua, Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup ini ada pengembangan pada nomor pertandingan bagi tim voli putri.

Di samping pula, Kratingdaeng memperluas cakupan daerah penyelenggaraan di babak penyisihan. Dari yang sebelumnya berlangsung di empat daerah, di tahun ini berjalan di lima kota di Jabar, di antaranya Ciamis, Bandung, Sukabumi, Subang, dan Cirebon.

Di masing-masing kota tersebut terdapat 16 tim putra dan 8 putri yang berlaga sejak Juli lalu untuk memperebutkan juara pertama bagi masing-masing nomor, mewakili kotanya menuju babak final.

“Selain tingginya animo masyarakat pada penyelenggaraan sebelumnya, pengembangan ini sekaligus pula sesuai dengan karakteristik yang ingin kami bangun sejalan dengan Kratingdaeng sebagai suplemen kesehatan, yaitu membentuk lebih banyak pemuda dengan pribadi yang aktif dan berprestasi,” ujar selaku CMO PT. Asia Health Energi Beverage Ricky Suhendar.

Lebih lanjut, ia menyatakan, penyelenggaraan Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 merupakan bagian dari wujud nyata inisiatif perusahaan untuk dapat lebih terlibat dalam pengembangan masyarakat.

Dengan lebih menyasar pada kelompok usia muda, kolaborasi dengan pemerintah setempat dilakukan untuk dapat lebih bersinergi seturut dengan agenda besar pemerintah didalamnya.

“Kami sangat bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan Kratingdaeng Volleyball Gubernur Cup 2023 ini. Sekaligus bangga bisa menjadi bagian dari upaya bersama pemerintah provinsi Jawa Barat dalam mencari dan meningkatkan prestasi pemuda melalui pembinaan bakat dalam olahraga,” tuturnya.

Baca Juga: 6 Alat Olahraga untuk di Rumah, Olahraga Jadi Lebih Mudah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya