Desy Ratnasari Jadi Ketua DPW PAN Jawa Barat

Dia mendorong perempuan untuk aktif berpolitik

Bandung, IDN Times - Aktris dan politisi Desy Ratnasari terpilih sebagai Ketua DPW PAN Jabar untuk lima tahun ke depan. Penetapan ini dilaksanakan pada Musyawarah Wilayah V PAN Jawa Barat di Kota Bandung, Rabu(7/10/2020).

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan, Desy terpilih secara aklamasi melalui musyawarah mufakat. Selanjutnya, kata dia, Desy akan menyusun kepengurusan PAN Jabar 2020-2025, yang diharapkan menjadi tim yang baik untuk mengibarkan bendera PAN di Jabar maupun tingkat nasional.

"Ke depan, saya titip untuk membangun PAN di Jawa Barat, sehingga nanti pada akhirnya di Pemilu 2024 bisa melihat hasil yang real dalam bentuk tekad untuk mengisi 11 dapil DPR RI dan seluruh dapil DPRD di Provinsi," kata Eddy, dalam penutupan Muswil V PAN Jabar di Bandung, Rabu (7/10/2020).

Desy pun diamanahi target 11 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024, Desy bertekad mengangkat kader perempuan di Jabar agar lebih bersinar.

1. Rekrut calon yang potensial untuk PAN

Desy Ratnasari Jadi Ketua DPW PAN Jawa BaratDok.IDN Times/Istimewa

Eddy pun meminta Desy untuk memimpin partai dengan baik. Apalagi sejumlah tugas berat sudah menanti untuk pemenangan PAN di Jawa Barat. Maka, ke depan PAN Jabar harus bisa melakukan rekrutmen calon anggota legislatif yang potensial.

"Ini adalah tekad yang cukup besar dan berat tetapi bukan berarti tidak bisa kita capai," kata Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.

2. Desy siap menjalankan amanah DPW PAN

Desy Ratnasari Jadi Ketua DPW PAN Jawa BaratDok.IDN Times/Istimewa

Atas keterpilihannya, Desy sangat berterima kasih. Dia mengakui amanat yang diemban membutuhkan tanggung jawab yang besar. Apalagi, dia ditargetkan menambah jumlah anggota DPR dari Jabar.

"Jujur ketika Ketum mengumumkan nama saya (via virtual), langsung pundak saya jadi berat. Tentunya ini tanggung jawab yang harus dibuktikan dengan perilaku dan bukti nyata, karena kami bekerja sebagai kader. Tentunya apapun yang digariskan oleh pimpinan harus dijalankan," kata Desy, yang juga anggota DPR RI. 

Menurutnya, AD/ART partai menjadi dasar bagi kinerja PAN Jabar untuk menambah kursi di legislatif, baik di DPR RI maupun di DPRD Jabar.

3. Berikan peluang seluas-luasnya untuk perempuan berkarir di politik

Desy Ratnasari Jadi Ketua DPW PAN Jawa BaratIlustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Langkah terdekat untuk mewujudkan target itu, dia menyebutkan akan menyusun kepengurusan partai di DPC Kabupaten/Kota dan DPR "Ini menjadi satu pekerjaan rumah kami untuk langsung bergerak bersama seluruh kader PAN di Jabar," katanya. 

Desy menyebut, para caleg yang saat ini sudah mulai direkrut mesti rajin turun di dapilnya masing-masing, sehingga ada waktu untuk melakukan pembinaan dapil sebelum Pemilu 2024. Dia berharap kolaborasi dari seluruh kader untuk meningkatkan peran PAN Jabar dalam hal kebijakan legislasi. 

"Sebagai penutup, saya sangat berharap kader PAN yang perempuan bisa bersinar, berkolaborasi membuktikan bahwa mereka juga bisa berpartisipasi di dunia politik. Saya pun akan memberikan ruang seluas-lusanya bagi perempuan yang ingin berkarir politik di PAN, tidak harus artis saja, tapi siapapun," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya