Comscore Tracker

Data Berubah, Ini 6 Daerah di Jabar yang Masuk Zona Merah COVID-19

Kemarin Uu Ruzhanul sebut daerah zona merah tidak berubah

Bandung, IDN Times - Data yang disampaikan Pemprov Jabar terkait zona merah COVID-19 kembali berubah. Sebelumnya Wakil Gubernur Uu Ruzhanul sempat menyebut tidak ada perubahan daerah zona merah di mana ada tujuh yang berada dalam level tersebut.

Namun, berdasarkan data pemerintah pusat melalui laman Covid19.go.id, Selasa (1/12/2020), peta sebaran COVID-19 di Jawa Barat sudah berubah. Per hari ini, ada enam daerah yang berada di zona merah COVID-19, yaitu Kota Banjar, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang.

1. Hanya ada dua daerah yang masuk risiko rendah

Data Berubah, Ini 6 Daerah di Jabar yang Masuk Zona Merah COVID-19travelpangandaran.com

Sementara itu, berdasarkan pendataan ini hanya ada dua daerah di Jabar yang masuk dalam risiko rendah penyebaran COVID-19, yaitu Kabupaten Cianjur dan Pangandaran. Untuk sisanya, 19 daerah berada di zona sedang penyebaran virus corona.

2. Ini tujuh daerah yang sempat disebut Uu tetap berada di zona merah COVID-19

Data Berubah, Ini 6 Daerah di Jabar yang Masuk Zona Merah COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Pekan ini ada tujuh kota dan kabupaten di Jawa Barat kembali masuk ke dalam zona risiko tinggi penyebaran virus corona alias zona merah. Ketujuh daerah tersebut masih sama dengan yang diumumkan sebagai zona merah pada dua pekan lalu, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Cimahi. Tiga di antaranya akan segera menyelenggarakan Pilkada Serentak.

"Daerah risiko tinggi masih ada di tujuh daerah. Ada beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada menjadi resiko tinggi, yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Karawang," papar Uu.

Meski jumlah daerah yang masuk zona merah minggu ini tak bisa dibilang sedikit, Uu mengatakan penyebaran COVID-19 di Jabar masih relatif terkendali. Angka reproduksinya masih berada di bawah 1.

"Penyebaran ada di 0,72, ini terkendali," ungkapnya.

3. Klaster rumah tangga dan kantor jadi penyebab

Data Berubah, Ini 6 Daerah di Jabar yang Masuk Zona Merah COVID-19Ilustrasi Bekerja (IDN Times/Sukma Shakti)

Uu menyebutkan, penyebaran Covid-19 di beberapa daerah di Jabar ditemukan dalam klaster rumah tangga. Sehingga, penyebaran paling banyak diduga berasal dari kantor yang kemudian terbawa sampai ke rumah, atau sebaliknya.

"Ini masih harus dipastikan lagi," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Waspada, Kota Bandung Kembali Masuk Zona Merah!

Baca Juga: Bandung Zona Merah, Oded: Disiplin Protokol Kesehatan! 

Baca Juga: Dua Kali Zona Merah, Pemkot Bandung Belum Tentukan Kebijakan Baru

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya