Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemprov Jabar Minta Warga Tidak Mudik

Tahan dulu yah, sabar, jangan sampai virus corona menyebar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai menyosialisasikan larangan mudik atau pulang kampung meskipun pemerintah pusat secara tegas belum memutuskan kebijakan yang diyakini efektif menekan penyebaran virus corona tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, Kementerian Perhubungan sudah memberikan sinyal kemungkinan ada larangan mudik lebih awal namun belum menjadi kebijakan resmi.

“Kemenhub arahnya ke sana, tapi Jawa Barat sudah mengkampanyekan untuk jangan mudik,” kata Hery melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (28/3).

1. Ketika kalian mudik dari Ibu Kota ke Jabar maka langsung jadi ODP

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemprov Jabar Minta Warga Tidak MudikIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Menurutnya berdasarkan perintah dari gubernur Jawa Barat, kebijakan mudik masih memberi kelonggaran namun dengan kewaspadaan tinggi. Hery memastikan warga Jawa Barat yang pulang dari Jakarta akan langsung ditetapkan statusnya sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

“Dia harus isolasi 14 hari, jika tidak ada isolasi Polda Jabar akan mengambil tindakan hukum.,” tuturnya.

2. Libur sekolah dan pekerjaan membuat banyak orang mudik duluan

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemprov Jabar Minta Warga Tidak Mudikunsplash.com/Christinhumephoto

Hery menyebutkan, banyak orang saat ini mulai mudik buntut dari diliburkannya sekolah, bekerja dari rumah dan pembatasan aktivitas di Jakarta. Karena tidak ada aktivitas lebih mereka kemudian memilih pulang kampung.

Pantauan pihaknya di sejumlah terminal di Jabar memang belum ada peningkatan signifikan.

“Malah terjadi penurunan, tapi ada beberapa daerah di Jawa Barat yang mendapat limpahan penumpang lebih banyak dengan tujuan dari Jakarta,” paparnya.

3. Jangan mudik dan jangan piknik

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemprov Jabar Minta Warga Tidak MudikPixabay.com/Free-Photos

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengajak warga Jabar untuk disiplin mengikuti arahan pemerintah terkait memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya dengan melakukan social distancing atau jaga jarak.

“Kita harus disiplin diri. Karena salah satu penyelesaian yang cukup efektif yakni social distancing dengan jaga jarak atau di rumah saja untuk mencegah penularan,” ujar Setiawan.

Apabila ada warga yang bekerja di luar kota, Setiawan meminta agar mereka menahan diri untuk pulang kampung. Karena kepulangan mereka, khususnya yang bekerja di DKI Jakarta, dinilai berpotensi besar untuk menularkan virus ke daerah.

“Jangan dulu mudik, jangan dulu piknik, jadi kebijakan bahwa kerja dari rumah ini jangan dimaknai bahwa seseorang bisa bebas pergi ke mana saja. Justru harus menahan diri sampai dengan kondisi pulih,” kata Setiawan.

Baca Juga: Mahfud MD: Pemerintah Tengah Siapkan Aturan Larangan Mudik Tahun Ini

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemerintah Minta Masyarakat Tunda Mudik Lebaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya