BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Bandung Raya Dua Hari ke Depan

Bagi pengendara motor siapkan jas hujan kalian ya

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memprediksi dalam dua hari ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan, yakni hingga 3 Desember 2023.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, saat ini sebagian besar wilayah Bandung Raya sudah memasuki awal musim penghujan.

"Saat ini di dasarian 1 Desember 2023 sebagian Wilayah Bandung Raya telah masuk awal musim hujan, hal ini juga ditandai dengan adanya pertumbuhan awan-awan rendah yang dapat tumbuh menjadi awan-awan konvektif signifikan yang berpotensi adanya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dalam skala lokal dan durasi singkat," kata Teguh, Jum'at (1/12/2023).

1. Puncak musim hujan terjadi pada Februari hingga Maret

BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Bandung Raya Dua Hari ke Depanilustrasi hujan (pixabay.com/Pexels)

Selain hal itu, Teguh juga menambahkan dalam analisis streamline, wilayah Bandung Raya tengah menunjuk adanya arah angin variabel yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan.

"Jadi masih ada angin timuran dan angin baratan yang mulai terlihat aktif memasuki wilayah Bandung Raya terutama di antara siang, sore dan malam hari," ucapnya.

Pada dasarian III November 2023 sebagian wilayah Bandung Raya mulai memasuki musim hujan. Sedangkan puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret 2024 dengan sifat hujan Normal (N) – Bawah Normal (BN).

2. Udara di siang hari hangat dan lembab

BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Bandung Raya Dua Hari ke Depanilustrasi mencatat suhu udara (pixabay.com/mabelamber)

Teguh menuturkan, analisis suhu maksimum di Bandung pada siang hari pada pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB antara 29.4 hingga 31.8 derajat celcius. Hal ini disebabkan karena posisi matahari di selatan khatuliswa sehingga paparan sinar matahari optimal di selatan khatulistiwa termasuk Bandung Raya dan adanya proses konveksi pertumbuhan awan awan hujan sehingga udara terasa hangat dan lembap.

3. Waspada longsor di daerah yang curam seperti pegunungan

BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi di Bandung Raya Dua Hari ke DepanIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan kondisi cuaca sekarang, BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat khusunya di wilayah Bandung Raya agar dapat waspada terhadap terjadinya potensi dampak dari cuaca esktrem.

"Khususnya untuk daerah bertopografi curam atau pegunungan yang rawan longsor diharapkan tetap waspada saat terjadinya hujan baik dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Merek Jas Hujan yang Bagus dan Berkualitas, Anti Rembes!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya