Comscore Tracker

Bioskop XXI di TSM Bandung Mulai Buka Hari Ini

Perlahan tapi pasti, bioskop di sejumlah kota mulai buka

Bandung, IDN Times - Setelah Bioskop CGV resmi beroperasional di Kota Bandung, sekarang giliran XXI yang membuka kembali aktivitasnya per hari ini, Sabtu (17/10/2020). Meski demikian, tak semua XXI di Bandung beroperasi, hanya XXI di Trans Studio Mall (TSM) Bandung yang siap menyambut penonton di masa pandemik COVID-19.

Dikutip dari akun Twitter resmi XXI @CinemaXXI, terdapat enam bioskop di seluruh Indonesia yang akan beroperasi. Enam bioskop itu XXI Jatiland Ternate, Jayapura, Transmart Pontianak, TSM Bandung, Studio XXI Banjarmasin, Big Mall XXI Samarinda.

"Teruntuk Sobat XXI yang udah #RinduNontondiXXI.Kalian bisa menuntaskan rindu di sejumlah bioskop Cinema XXI yang sudah kembali buka! Saat merasakan cinematic experiences, menikmati makanan dan minuman khas XXI Cafe dan jangan lupa menerapkan protokol kesehatan, ya!" tulis akun tersebut dalam unggahannya.

1. Pengunjung bioskop di Bandung masih sepi

Bioskop XXI di TSM Bandung Mulai Buka Hari Ini90daykorean.com

Pembukaan bioskop di Kota Bandung sudah berjalan hampir empat hari sejak Jumat (9/10/2020). Meski sudah diizinkan beroperasi, nyatanya sembilan bioskop yang di buka di Kota Bandung masih sepi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari alias Kenny mengatakan, sejak di buka beberapa waktu lalu, jumlah pengunjung yang ingin menonton relatif masih sedikit. pengelola bioskop juga hanya mengoperasikan beberapa ruangan teater.

Ia menuturkan, selain hanya membuka beberapa ruang teater, bioskop juga masih diminta melakukan pembatasan jumlah penonton dari kondisi sebelum Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat. Adapun jam operasional mengikuti jam buka mal.

"Pengunjung masih sedikit, saat ini mereka (pengelola bioskop) buka sampai jam tutup mal," ujarnya beberapa waktu lalu.

2. Ada bioskop yang tutup sebelum jam operasional habis

Bioskop XXI di TSM Bandung Mulai Buka Hari IniPekerja menggunakan alat pelindung wajah saat menutup pintu seusai simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Kenny mengaku sudah melakukan monitoring pada Sabtu (10/10) lalu ke beberapa bioskop yang sudah diizinkan beroperasi ini. Berdasarkan pengamatannya, memang kondisi tidak ramai seperti sebelum masa pandemik virus corona di Kota Bandung.

"CGV Miko Mal yang hanya mengaktifkan empat studio dari tujuh studio dengan jumlah penonton tiap studio hanya terisi tiga sampai 10 orang," ungkapnya.

Adapun CGV Studio Paris Van Java dan di Paskal 23, dari 11 studio yang ada yang beroperasi hanya lima studio reguler dan beroperasi dari pukul 12.00 WIB hingga 18.30 Wib.

3. Di Jakarta XXI belum mau buka

Bioskop XXI di TSM Bandung Mulai Buka Hari IniUnsplash.com/Krists Luhaers

Terpisah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan lampu hijau untuk bioskop DKI Jakarta bisa beroperasi di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Menyikapi keputusan itu, para pengusaha bioskop yang tergabung dalam Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), menggelar pertemuan.

Ketua GPBSI Djonny Sjafruddin mengatakan dalam pembahasan di pertemuan itu, hanya CGV yang benar-benar siap untuk beroperasi di masa PSBB Transisi. Sementara yang lainnya, masih mempertimbangkan kebijakan Anies Baswedan yang hanya memperbolehkan jumlah penonton 25 persen dari kapasitas normal.

"XXI dipastikan tidak akan buka karena 25 persen (kapasitas penonton). Karena film nasional, tidak mau 25 persen kapasitasnya," kata Djonny kepada IDN Times, Kamis (15/10/2020).

Selain Cinema XXI, bioskop lain yang juga memutuskan tidak akan kembali beroperasi adalah Flix. Sementara bioskop Cinepolis masih menimbang akan beroperasi atau tidak meski sudah mengikuti proses asesmen pada hari ini.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya