Besok, Pemkot Bandung Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Wahana anak dan bioskop belum bisa dinikmati

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kini memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke mal di masa pandemik COVID-19. Namun, penerapannya masih menunggu peraturan Wali Kota Bandung yang segera dikeluarkan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, peraturan Wali Kota Bandung yang mengatur tentang anak usia di bawah 12 tahun dapat masuk ke mal masih dalam proses. Peraturan tersebut mengacu kepada intruksi Mendagri nomor 43 tahun 2021 tentang PPKM.

"Iya kalau peraturan Wali Kota Bandung inline dengan Inmendagri, Imendagri nomor 43 tahun 2021 sudah keluar jadi selama memang aturan Inmendagri diperbolehkan anak 12 tahun tetapi kita harus tetap tunggu perwal sedang diproses hari ini. Jadi saya sampaikan tetap harus menunggu perwal ke teman-teman," ujarnya saat dihubungi wartawan, Selasa (21/9/2021).

1. Baru bisa dinikmati esok hari

Besok, Pemkot Bandung Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk MalMal di Jakarta kembali dibuka pada 15 Juni 2020 dengan konsep New Normal (IDN Times/Athif Aiman)

Ia menuturkan, kebijakan inmendagri terkait anak usia dibawah 12 tahun bisa masuk ke mal mulai berlaku hari ini. Namun untuk Kota Bandung sendiri masih akan menunggu peraturan Wali Kota Bandung yang masih disusun.

Waktu uji coba pembukaan mal waktu itu di Kota Bandung berbeda dengan Jakarta. Di Kota Semarang misalnya, pemberlakukan ini juga mundur satu hari karena menunggu perwal.

"Uji coba pembukaan mal harus selasa di Bandung baru rabu karena menunggu perwal," kata Elly.

2. Belum bisa bermain di wahana anak

Besok, Pemkot Bandung Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Malinstagram/hpccp_icw

Meski anak usia di bawah 12 tahun dapat masuk ke mal, Elly menegaskan wahana permainan anak di dalam mal masih ditutup. Itu berdasarkan inmendagri, di mana wahana tersebut masih dilarang dibuka.

"Itu dilarang masih Inmendagri 43 bahwa area tempat bermain anak masih ditutup kita tetap harus ditutup jadi tidak boleh bertentangan inmendagri," katanya.

3. Wali Kota Bandung Oded M Danial minta pengawasan diperketat

Besok, Pemkot Bandung Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk MalIlustrasi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan pihaknya akan mempersiapkan terkait sudah diperbolehkan anak usia dibawah 12 tahun masuk ke mal. Kebijakan yang akan dikeluarkan akan menyesuaikan dengan kondisi di Kota Bandung.

"Insya Allah tentu akan mempersiapkan diri sesuai kondisi eksisting hari ini seperti apa. Kita siapkan terus," katanya. Pengawasan pun tetap dan rutin dilaksanakan.

Baca Juga: Anak di Bawah 12 Tahun Bisa Masuk Mal Bandung, Tapi Wajib Didampingi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya