Bela Palestina, Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kota Bandung

Aksi bela Palestina dilakukan di sejumlah titik di Bandung

Bandung, IDN Times - Ratusan orang menggelar aksi bela Palestina di Kota Bandung. Aksi ini juga digelar di beberapa tempat tidak hanya di depan Gedung Sate.

Khusus di kawasan Gedung Sate ada sekitar 200 orang yang terdiri dari buruh dan elemen masyarakat lainnya menggelar aksi ini. Salah satunya adalah Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Buruh Muslimin Indonesia (DPW Sarbumusi) Jawa Barat.

Mereka membentangkan spanduk dan membawa bendera buruh mengutuk keras agresi militer yang dilakukan tentara Israel dan telah memporak-porandakan warga Palestina yang tak berdosa.

"Ini adalah tragedi kemanusiaan yang tak bisa ditolerir dan dibiarkan," kata Ketua DPW Sarbumusi Jawa Barat H. Asep Acil Saepudin dikutip dari keterangan pers di Bandung, Selasa (18/5/2021).

1. Aksi keji Israel harus segera dihentikan

Bela Palestina, Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kota BandungApi dan asap muncul selama serangan udara Israel di tengah meningkat nya kekerasan Israel-Palestina, di Jalur Gaza selatan, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa.

Acil mengatakan, untuk mengungkapkan rasa solidaritas sebagai sesama muslim hari ini Sarbumusi Jawa Barat turun ke jalan untuk berunjuk rasa menentang agresi militer yang dilakukan Palestina.

"Hari ini kita turun ke jalan, sebagai bentuk solidaritas dan dukungan bagi kemerdekaan Palestina.

Acil mengatakan, Sarbumusi sepakat dengan induk organisasinya yang mendorong terjadinya gencatan senjata bagi kedua pihak agar bantuan kemanusiaan bisa masuk dan kondisi di Palestina pulih seperti sedia kala.

Perwakilan buruh ini meminta perserikatan bangsa-bangsa (PBB) dan dunia internasional untuk melakukan langkah-langkah cepat untuk menyepakati gencatan senjata. Hal ini menjadi bagian dari tanggung jawab komunitas internasional dalam menyikapi konflik yang mencederai kemanusiaan.

2. Mari bantu warga Palestina dengan berbagai cara

Bela Palestina, Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kota BandungKorban penyerangan Polisi Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al-Aqsa. (instagram.com/eye.on.palestine)

Acil juga menambahkan, pihaknya mendorong Pemerintah Indonesia untuk menggalang dukungan dan mengambil upaya-upaya penting dalam mewujudkan kedaulatan Palestina, sekaligus mengakhiri konflik kemanusiaan yang terjadi sehingga terwujud perdamaian dunia.

Sarbumusi mengimbau kepada seluruh masyarakat dunia untuk berbuat semaksimal mungkin demi menjaga solidaritas sesama muslim demi terhapusnya penjajahan di atas muka bumi.

" Karena menurut Undang-undang Dasar 1945 juga tegas dikatakan bahwa penjajahan di atas muka bumi harus dihapuskan, karena tak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," kata Acil.

Acil mengajak masyarakat untuk menyampaikan rasa peduli kemanusiaan melalui wadah yang ada, untuk meringankan beban saudara-saudara di Palestina, misalnya dengan menyalurkan bantuan untuk warga di sana.

"Uluran tangan kita, solidaritas dan dukungan kita, akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita di Palestina," pungkasnya.

Baca Juga: Potret Warga Bandung Gelar Aksi Bela Palestina di Depan Gedung KAA

3. Dukung Indonesia untuk Palestina dengan mengembargo produk Israel

Bela Palestina, Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kota BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Serangan Tentara Israel di Jerusalem dan Jalur Gaza telah mengakibatkan banyak korban jiwa termasuk anak anak dan perempuan warga Palestina. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga telah menyatakan sikap mengecam kekerasan di Masjidil Aqsa, Sheikh Jarrah dan Agresi Israel ke Jalur Gaza.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno, sikap tegas pemerintah sebaiknya segera diikuti dengan aksi yang lebih konkrit seperti mengirimkan bantuan kemanusiaan maupun kebijakan embargo barang barang dari Israel

"Sikap tegas pemerintah Indonesia perlu direalisasikan lebih lanjut dalam bentuk aksi, baik berupa bantuan fisik untuk warga Palestina, maupun dalam bentuk embargo terhadap barang dan jasa dari Israel atau para pendukung agresi tentara Israel di Al Aqsa," kata Eddy kepada wartawan saat menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur di Gedung Sate Bandung.

Walaupun sejumlah negara adi daya sudah menyatakan dukungan terhadap Israel, Namun Eddy menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan Al Aqsa bukan menyangkut 'kepentingan' atau 'keberpihakan'

"Tragedi di Masjid Al Aqsa sepenuhnya menyangkut keadilan, perikemanusiaan dan yang terpenting hak warga Palestina untuk dapat hidup bebas di tanah airnya sendiri," tegas Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini

Bagi Eddy, Semua prinsip-prinsip yang menjadi tumpuan dasar berdirinya NKRI, seperti kemanusiaan, kedaulatan, keadilan, menghapus penjajahan dari muka bumi dilanggar secara masif dan terang-terangan oleh Israel

"Karena itu mari kita yang ada di Indonesia ikut membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina, minimal melalui doa yang dipanjatkan setiap saat. Semoga Allah swt senantiasa memberikan pertolongan dan perlindunganNya kepada saudara dan anak-anak kita di Palestina," ujar anggota DPR RI Dapil Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.

Baca Juga: Bela Palestina, Ribuan Buruh KSPI Gelar Aksi di Seluruh Indonesia 

4. Aksi bela Palestina tak hanya dilakukan di Gedung Sate

Bela Palestina, Ratusan Buruh Gelar Aksi Damai di Kota BandungIlustrasi aksi bela Palestina Dok. Istimewa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, aksi bela Palestina hari ini memang dilakukan di berbagai tempat. Selain di Gedung Sate, akan ada aksi juga di Gedung Merdeka yang dilakukan DPD Ahlubait Indonesia (ABI) dengan jumlah massa 30 orang.

Kemudian akan ada aksi juga di daerah Masjid Pusdai Bandung yang dilakukan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jawa Barat ke Jakarta dalam rangka bela Palestina. Jumlah massa yang berangkat ada sekitar 15 orang.

Baca Juga: Ketiga Kalinya, AS Veto Resolusi DK PBB terkait Israel-Palestina

Baca Juga: Profil Hamas, Militan Palestina di Gaza yang Perangi Israel

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya