Bawaslu Kota Bandung Targetkan Semua APK Hilang pada H-1 Pemilu 2024

Minimnya petugas bikin penurunan APK memakan waktu

Bandung, IDN Times - Sejumlah alat peraga kampanye (APK) terlihat masih berseliweran di Kota Bandung. Meski mayoritas sudah diturunkan oleh aparat gabungan sejak Minggu (11/2/2024), tapi masih ada APK terpasang di masa tenang ini.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung Dimas Aryana mengatakan, proses penurunan APK hingga hari ini masih berjalan. Menurunkan APK hingga nol memang tidak bisa dilakukan dalam sehari, sehingga hingga H-2 masih ada alat peraga terpasang.

"Butuh waktu, mengingat APK dan bendera yang terpasang cukup banyak, dan tidak sebanding dengan petugas yang menertibkan," ujar Dimas saat dihubungi, Senin (12/2/2024).

1. Maksimal perlu waktu dua hari untuk membersihkan APK

Bawaslu Kota Bandung Targetkan Semua APK Hilang pada H-1 Pemilu 2024Satpol PP DKI Turunkan ribuan APK di masa tenang. (dok. Satpol PP)

Menurutnya, aparat dari Bawaslu, KPU, Satpol PP dan petugas di Pemkot Bandung sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menertibkan APK di masa tenang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Target Bawaslu maksimal besok atau H-1, Selasa (13/1/2024), seluruh jalanan sudah bersih dari APK.

" Selambat-lambatnya H-1 sebelum pemungutan suara, APK harus sudah bersih semua," ujarnya.

2. Jangan ada APK tambahan selama masa tenang

Bawaslu Kota Bandung Targetkan Semua APK Hilang pada H-1 Pemilu 2024Tim Gabungan membersihkan APK di jalan utama di Kabupaten Bantul.(Dok.Bawaslu Bantul)

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian menuturkan, ia telah menerjunkan 2.700 petugas untuk menertibkan APK di masa tenang yang berlangsung pada tanggal 11-13 Februari 2024.

"Karena memang kami melibatkan tim sampai tingkat kelurahan dan kecamatan termasuk juga pada kegiatan malam ini," ucap Rasdian.

Dia berharap kegiatan tersebut berjalan lancar dan para peserta pemilu mengikuti serta menjalankan proses yang sudah ditetapkan.

"Kami harapkan memang semua APK yang ada di Kota Bandung sudah bersih, tidak ada lagi kegiatan penertiban setelah penertiban, kami harapkan seperti itu," katanya.

3. Jangan kampanye di media sosial

Bawaslu Kota Bandung Targetkan Semua APK Hilang pada H-1 Pemilu 2024binus.ac.id

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty bersama Bawaslu Jawa Barat, menuturkan bahwa penertiban APK berlaku tidak hanya untuk yang berjenis fisik saja, melainkan juga bagi APK digital, sesuai yang diatur dalam PKPU.

"Untuk digital Bawaslu dengan patroli pengawasan siber itu untuk memastikan bahwa seluruh masa tenang berjalan dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Lolly.

Dia berharap, penertiban ini dapat ditiru oleh wilayah lain, sehingga sebelum masa pungut hitung, seluruh daerah sudah bersih dari APK.

“Proses penertiban di Bandung tentu akan menjadi trigger juga untuk dipastikan seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat atau bahkan seluruh provinsi itu kemudian melakukan hal yang sama secara baik dan maksimal,” tutup Lolly.

Baca Juga: APK Peserta Pemilu di Jabar Belum Semuanya Ditertibkan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya